Keuntungan Sistem SIM Online yang Ada di Indonesia

BINTANGOTOMOTIF.COM – Keuntungan Hadirnya Pelayanan SIM Online di Indonesia. Tahun 2015 kali ini, pemerintah Indonesia selalu mengupayakan secara maksimal mengenai proses pelayanan masyarakat agar lebih mudah dan efisien. Termasuk pula pelayanan kepada masyarakat mengenai rencana pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi) secara Online.

Rencana di tahun 2015 ini disampaikan secara langsung oleh Wakapolri Komjen Badrodin Haiti bahwa untuk pertama kalinya Indonesia akan memakai sistem perpanjangan dan pembuatan SIM baru secara online yang siap dimulai pada pertengahan tahun ini, namun saat ini sudah ada beberapa daerah yang menerapkan kebijakan tersebut seperti Yogyakarta dan juga Surabaya. Untuk 1 Juli 2015 nanti, rencananya akan diikuti oleh daerah-daerah lainnya.

sim online indonesia,sistem sim online,sistem sim online indonesia,keuntungan sistem sim online,kemudahan sistem sim online indonesia

Yang dimaksud dengan SIM Online adalah masyarakat bisa mengakses melalui aplikasi smartphone berkat kerjasama antara Korlantas Polri dan juga Bank BRI. Bagi yang bersangkutan cukup membuka aplikasi tersebut lalu memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP selanjutnya akan keluar berbagai panduan untuk memperpanjang atau membuat SIM baru. Kehadiran dari pelayanan SIM Online ini disambut positif oleh sebaian besar masyarakat Indonesia.

Walaupun nantinya terdapat kendala bagi beberapa kalangan dalam penggunaan system SIM online ini, tetapi nantinya terdapat keuntungan dan kemudahan yang dihadirkan oleh pemerintah dan kepolisian Republik Indonesia.

Beberapa keuntungan yang dapat dihadirkan dari Pelayanan SIM Online di antaranya adalah :

  1. Tidak Adanya Calo Lagi

Kehadiran pelayanan SIM online secara otomatis akan mempermudah masyarakat dalam memperpanjang SIM dan membuat SIM. Sehingga tidak lagi ada calo yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk membuat SIM (Surat Ijin Mengemudi)

  1. Tidak Perlu Pulang ke Kampung Halaman

Bagi orang-orang yang merantau, tidak lagi ada kendala untuk diharuskan kembali ke kampung halaman memperpanjang SIM maupun sekedar untuk membuat SIM. Secara online masyarakat dapat memperpanjang SIM serta membuat SIM di daerah lain.

  1. Terintegrasi dengan Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil

Sistem pelayanan SIM online ini nantinya akan terintegrasi ke Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil karena diharuskan untuk memasukkan NIK yang terdapat di dalam KTP masing-masing.

  1. Proses Cepat

Dengan sistem Online ini, tidak perlu mengantri berjam-jam untuk membuat dan memperpanjang SIM karena sangat mudah diakses secara online dengan hanya memasukkan NIK yang terdapat pada KTP.

Semoga dengan kehadiran pelayanan SIM Online ini nantinya akan mempermudah pelayanan POLRI untuk membuat SIM bagi masyarakat Indonesia.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.