Ketahui dan Atasi Mesin Mobil Cepat Panas Dengan Cara Ini

Walaupun perkembangan mobil begitu maju dan canggih, namun masalah mesin mobil yang cepat panas tidak bisa dihindari. Hal ini dikarenakan bahan bakar dan udara yang bercampur akan menghasilkan panas yang lebih tinggi dari panas mesin mobil. Karena itulah, cara mengatasi mesin mobil cepat panas saat ini banyak dicari, karena jika dibiarkan, mobil secanggih apapun bisa cepat mengalami kerusakan.

Untuk mencegah kerusakan akibat panas mesin yang tidak bisa dihindari maka pada spidometer dan pada dashboard dipasang indikator temperatur mesin, sehingga pengemudi bisa mengetahui kondisi mesin dan menghentikan mesin mobil jika indikator sudah menunjukkan mesin telah panas atau indikator tersebut berkedip.

Cara mengatasi mesin mobil cepat panas sendiri sebenarnya tergantung pada penyebab mengapa mesin mobil itu cepat panas. Salah satu alasannya adalah radiator yang mampet sehingga kisi-kisi radiator menjadi kotor dan menyebabkan sirkulasi air tidak berjalan dengan sempurna. untuk mengatasinya adalah dengan dengan mengganti kisi-kisi radiator tersebut dengan yang baru. Selain radiator mampet, mesin mobil cepat panas juga disebabkan karena volume air yang terus berkurang dikarenakan adanya kebocoran entah itu pada selang, tutup radiator maupun sambungannya. Karena itulah, cara mengatasinya dengan mengganti tutup radiator dengan yang baru. Namun jika sambungannya yang bocor, maka perlu diperbaiki di bengkel resmi agar segera teratasi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat PanasPenyebab lainnya adalah dikarenakan tidak berfungsinya motor kipas secara maksimal. Tidak berfungsinya kipas secara maksimal akan menyebabkan daya putar kipas akan berkurang dan juga lemah sehingga pendinginan mesin tidak bisa berjalan secara maksimal sehingga mesin mengalami overheat.

Cara mengatasi mesin mobil cepat panas karena masalah kipas ini adalah dengan menggantinya dengan kipas yang baru. Namun, mesin yang cepat panas ini juga bisa terjadi secara mendadak saat dalam perjalanan bepergian. Jika itu yang terjadi, maka tidak perlu panik karena yang harus dilakukan adalah meminggirkan mobil dan membuka kap mesin yang kemudian disangga dengan pengungkit. Setelah itu, mesin didiamkan beberapa menit agar tekanan dalam mesin dibebaskan.

 Setelah itu, tutup radiator diputar sampai setengah putaran secara berlawanan dengan arah jarum jam. Diamkan hingga penutup radiator berhenti mengeluarkan cairan agar tekanan berkurang semakin banyak. Setelah cairan berhenti, penutup diangkat dengan menekannya lalu memutar penutupnya dengan arah yang berlawan dengan jarum jam. Biarkan dalam keadaan terbuka agar mesin menjadi dingin, kira-kira setengah jam. Setelah dingin, cairan yang tadi tumpah diisi kembali atau bisa juga menggunakan coolant radiator. Itulah beberapa cara mengatasi mesin mobil cepat panas yang bisa diterapkan agar mobil tidak cepat rusak karena sering mengalami kepanasan. Cara yang sederhana memang, namun cukup bisa diterapkan dalam perawatan mobil yang kita miliki.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.