Kesalahan Yang Sering Dianggap Remeh Dalam Perawatan Mobil

Merawat mobil sendiri memang dibilang susah-susah gampang, tapi jangan sampai anda terlalu menganggap sepele perawatan mobil sendiri dengan peralatan yang ada. Bisa jadi ada keluhan pada mobil anda sehingga sistem mobil anda ada kerusakan. Untuk menghindari itu semua berikut ada beberapa tips yang bisa anda praktikan ketika merawat mobil sendiri:

Menghidupkan AC pada RPM masih tinggi.

Biasakan diri anda ketika ingin menghidupkan AC mobil pada kondisi RPM (Ratation Per Minute) rendah atau ketika pedal gas tidak diinjak. Hindari hal tersebut, karna ketika RPM tinggi anda menghidupkan AC mobil pada saat itu dapat menyebabkan gesekan yang amat kuat antara ulley dan pressure plate pada kompresor AC, sehingga dapat memberatkan kerja mesin.

Membersihkan lantai kabin menggunakan air

Yang paling rentan atas perlakuan ini bisa jadi pada sistem audionya. Jika air tersebut mengenai kompenen kelistrikan maka kemungkinan besar sistem audio tersebut akan rusak. Dan yang paling ditakutan adalah akan terjadi korosi pada bagian bawah mobil. Maka solusi yang paling baik yaitu membersihkannya cukup menggunakan lap yang lembab untuk membersihkan lantai kendaraan.

Membersihkan mobil dengan deterjen

Memang kelebihan deterjen jika digunakan bisa membuat kinclong bodi, tapi dibalik itu dikarnakan sifat deterjen yang keras bisa membuat rusah warna eksterior. Maka sebaiknya gunakanlah sampo yang sudah dikhususkan untuk mobil.

Blancing dan spooring seperlunya

Memang dua hal tersebut sekarang sudah jarang dilakukan oleh pemilik kendaraan roda empat. Mereka lebih memilih untuk melakukan ketika diperlukan saja, mungkin ketika kelihatan keluhan. Yang lebih baiknya balancing dan spooring setiap 10.000 atau 20.000 km. Balancing & Spooring juga bisa menekan konsumsi bahan bakar minya menjadi irit, ban pun tidak cepat menjadi gundul.
Memanaskan mesin dipagi hari sambil menekan pedal gas

Jika anda memanaskan mobil anda pada pagi hari jangan sampai pedal gasnya di injak. Jika di injak maka akan menimbulkan efek yang buruk bagi kendaraan anda. Itu dikarnakan pelumas belum sempurna membanjiri mesin ketika awal dihidupkan. Sehingga akan terjadi gesekan yang bisa memperpendek usia mesin.

Hanya menganti oli saja

Kebanyakan pemilik mobil sekarang menganggap bahwa mengganti oli saja sudah cukup tanpa harus menservis rutin. Padhal jika anda memperhatikan penuh mesin mobil anda pasti mesin mobil anda akan semakin panjang usianya serta tetap nyaman digunakan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.