Kelebihan Penggunaan Aki Kering dan Aki Basah

aki kering

BintangOtomotif.com – Salah satu komponen yang wajib dimiliki oleh kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat adalah aki. Tanpa adanya aki kendaraan tidak akan berjalan karena tidak memiliki sumber tenaga listrik yang biasa digunakan untuk menyalakan beberapa fitur. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis aki yaitu aki kering dan aki basah. Keduanya jelas memiliki kelebihan dan kekurangan saat digunakan sehingga tergantung konsumen untuk menggunakan jenis aki mana yang sesuai dengan kendaraannya. Perlu diketahui untuk aki basah memiliki elektroda atau biasa disebut dengan air aki. Sementara pada aki kering tidak memiliki air tersebut karena cairannya lebih pada seperti gel.

Untuk membedakan antara aki basah dengan aki kering sangatlah mudah yaitu dilihat dari bodinya. Biasanya aki basah memiliki tututp di bagian atas yang berguna untuk memasukkan air aki kedalamnya, aki ini pun memiliki bahan transparan sehingga pemilik bisa mengetahui ketinggian air. Jika sampai telat melakukan pengecakan dikhawatirkan air aki bsia berkurang dibawah batas yang ada sehingga merusak aki itu sendiri. Sementara itu aki kering dibanderol dengan harga yang lebih mahal namun secara perawatan juga lebih mudah karena tidak perlu dilakukan pengecekan dan mungkin hanya sebatas melakukan perawatan untuk menyingkirkan karat ataupun debu yang ada disekitarnya. Sedangkan untuk usia pemakaian kedua jenis aki tidak jauh dan tergantung pula dengan pemakaian yang dilakukan oleh pemiliknya. Rata – rata masa pakai pada aki mobil adalah 1,5 tahun sampai 2 tahun. Sebenarnya banyak cara untuk bisa memperpanjang usia dari aki tersebut agar tidak tekor.

Aki sendiri merupakan komponen yang paling vital pada sebuhah kendaraan sehingga apabila mengalami kerusakan maka berbagai kelistrikan didalamnya pun juga tidak akan berfungsi. Supaya aki menjadi lebih awet satu – satunya cara adalah dengan selalu melakukan pengecekan secara rutin terutama pada aki jenis basah. Jika kendaraan anda mengalami masalah seperti sulit dilakukan starter atau lampu tidak bisa menyala dengan terang itu berarti aki anda sedang emngalami masalah, silahkan cek pada bagian kepala aki tersebut dan singkirkan kotoran atau korosi yang terdapat dibagian tersebut menggunakan sikat halus. Selain itu cek juga ketinggian air padaaki basah apakah berada di bawah batas minmal. jika iya silahkan tambah dengan menggunakan air aki namun jangan sampai melewati batas maksimal yang telah ditentukan. Untuk lebih menghemat masa pakai aki disarankan untuk menggunakan secara bijak misalnya dalam penggunaan ac apabila cuaca memang benar – benar panas saja. Selain titu ada beberapa hal yang membuat aki cepat tekor yaitu salah dalam melakukan modifikasi. memang kebanyakan orang gemar melakukan modifikasi terutamadi sektor ruang kabin akan melakukan perombakan di bagian audio, sebenarnya untuk modifikasi sektor ini tidak boleh sembarangan dan harus di imbangi dengan daya aki tersebut.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.