Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless yang Perlu Anda Tahu

Ban seperti ban tubeless menjadi salah satu bagian terpenting dari motor. Banyak yang menjadi pengguna ban tubeless karena dianggap lebih baik dibandingkan ban biasa. Namun, ada baiknya Anda tahu kelebihan dan kekurangan ban tubeless seperti berikut agar tidak salah pilih.

Kelebihan dari Ban Tubeless

Jika dibandingkan dengan ban biasa atau ban dengan tube (ban dalam), ada kelebihan ban tubeless seperti berikut ini:

1. Tidak Langsung Kempes

Saat tertusuk benda tajam seperti paku, ban tubeless bocor tidak akan langsung kempes. Bahkan, angin pada ban bisa bertahan lama asalkan benda seperti paku yang menancap tidak dicabut lebih dahulu. Setelah itu, tambal ban tersebut sesegera mungkin agar tidak terjadi kerusakan pada ban seperti steel belt ban.

2. Manuver Kecepatan Tinggi

Desain ban tubeless yang memiliki struktur padat dan tebal dari karet membuat daya tahan dari ban ini lebih baik dibandingkan ban biasa. ban jenis ini juga tidak menekan udara sehingga permukaan ban tetap merata walaupun digunakan saat menikung. Akibatnya, saat digunakan untuk kecepatan tinggi, terutama saat sedang maneuver, ban tubeless lebih stabil dibandingkan ban biasa.

3. Tahan Bocor

Banyak yang mengatakan bahwa ban tubeless anti bocor. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena ban tubeless tetap bisa bocor walaupun resikonya kecil. Ini disebabkan karena tidak ada ban dalam di ban tubeless dan punya daya adesif lem power yang tinggi membuat resiko kebocoran semakin kecil.

4. Waktu Tambal Singkat

Waktu untuk menambal ban tubeless lebih singkat daripada ban biasa. Bahkan ban tubeless juga bisa ‘menambal sendiri’ karena ada cairan anti bocor. Cairan tersebut, biasanya dimasukkan saat ban pertama kali dipasang sehingga jika ban bocor, cairan tersebut akan membantu untuk menutup bagian yang bocor.

5. Tidak Mudah Slip

Ban tubeless memiliki motif yang lebih jelas dan dalam. Karena hal tersebut, daya cengkram ban juga akan semakin kuat dan mempermudah untuk pengeluaran air. Dengan begitu, ban tidak akan mudah slip terutama saat digunakan di musim penghujan.

6. Perawatan Lebih Mudah

Ban tubeless memiliki perawatan yang mudah dibandingkan ban biasa. Anda hanya perlu untuk memperhatikan kebersihan di bagian pelek dan roda. Dengan begitu, ban tidak akan mengalami kelonggaran dan tetap nyaman digunakan.

Baca Juga : Jangan Asal Duga, Yuk Cek 7 Penyebab Knalpot Nembak!

Kekurangan Ban Tubeless

Selain kelebihan, ada kekurangan ban tubeless yang perlu Anda perhatikan seperti berikut ini:

1. Hanya Bisa untuk Medan Halus

Ban tubeless tidak cocok digunakan untuk medan berat, seperti jalanan yang berbatu. Ini karena ban tubeless tidak bisa memantulkan udara seperti ban biasa. Jika dipaksakan, akan membuat ban dan pelek menjadi rusak.

2. Usia Pendek

Jika dipergunakan untuk keperluan sehari-hari, ban tubeless memiliki usia pemakaian sekitar 1,5 tahun saja. Ketahanan tersebut lebih rendah dibandingkan ban biasa yang bisa mencapai waktu lebih dari 2 tahun. Ini disebabkan karena ban tubeless dibuat dari kompon yang lebih lunak dari ban biasa.

3. Jenis Pelek

Ban tubeless hanya cocok dipasangkan dengan jenis pelek racing. Walaupun kini bisa dipasangkan ke pelek jari-jari, namun resiko bocor nitrogen harus Anda hadapi. Karena itu ada baiknya jika tidak menggunakan pelek jari-jari untuk ban tubeless.

4. Harga Mahal

Dibandingkan dengan ban biasa, harga ban tubeless lebih mahal hingga 30-50%. Karena itu, jika Anda ingin menggunakan ban tubeless, Anda harus menyiapkan budget yang lebih besar.

5. Ban Berat

Ban tubeless lebih tebal dibandingkan ban biasa, sehingga bobot ban lebih berat. Karena hal tersebut, jenis ban tubeless lebih cocok dipasangkan di kendaraan motor jenis sport yang punya tenaga lebih besar.

Itulah kelebihan dan kekurangan ban tubeless yang bisa jadi pertimbangan Anda sebelum menggunakan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda ya.

Ruangan komen telah ditutup.