Kapan Sebenarnya Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem?

Apa jadinya ketika kendaraan yang sangat cepat itu kondisi remnya tidak standar atau bahkan tidak memiliki rem? Pastinya akan sangat membahayakan naik itu si pengendara mapun apa saja yang berada disektitarnya. Karna rem merupakan bagian yang sangat vital  pada semua jenis kendaraan mulai dari roda dua samapi roda empat.

Fungsi dari rem tersebut adalah sebagai piranti untuk mengontrol laju kendaraan, dan tidak sedikit diluar sana penyebab dari kecelakaan adalah blongnya sebuah rem atau tidak berfungsi lagi. Oleh sebab itu bagi pemilik kendaraan kudu tau kapan sebaiknya mengganti kampas rem

Untk menanggapi hal tersebut Mekanik Eka Jaya Motor, Zainal menjelaskan jika penggantian kampas rem tidak bisa diukur menggunakan jangka waktu, maka perhatikanlah terhadap pemakaian motor.

‘’Lamanya penggantian kampas rem itu tidak bisa diukur dengan lamanya waktu, akan tetapi bergantung dengan bagaimana pemakaiannya. Jika sering menghadapi macet, pasti lebih sering menggunakan rem, dan itu membuat kampas cepat tiptis. Jadi ketika anda melakukan servis berkala sebaiknya tanyakan, atau juga bisa dirasakan ketika mengerem disaat berkendara,’’ jelasnya.

Walaupun tidak bisa diukur dengan waktu, Zainal menjelaskan bagi pemilik kendaraan harus lebih peka lagi untuk memberi perhatian lebih terhadap kendaraannya Hal itu dikarenakan kampas dan pad set dapat mengeras. “Kampas rem itu bisa mengeras, apabila masih tebal tetapi kanvas rem atau pad setnya sudah  keras tetap saja pemilik kendaraan harus melakukan penggantian,” kata Zainal.

“Kalau bisa senyaman mungkin dalam berkendara.”

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.