Jangan Tertipu Dengan Penampilan, Tips Pilih Helm Berkualitas Luar Dalam

Bintangotomotif.com-Kebutuhan akan helm saat ini sudah tidak dipandang lagi sebagai alat pelindung kepala ketika berkendara bermotor. Hukum itu sudah banyak orang yang beralih fungsi dari cara pandang mereka melihat helm. Jadi jenis promosi helm yang mengutamakan kuatitas tanpa melihat desai atau penampilan, hal itu sudah bukan zamannya lagi. Dikarnakan para konsumen lebih tertarik dengan helm yang tampilannya lebih indah dari yang lainnya.
Tidak heran jika di pasaran banyak helm bermotif atau bercorak modis, ditambah lagi desain batok yang menawan. Budaya seperti ini seharusnya dikurangi, dikarnakan dalam perjalanan terutama perjalanan jauh maka utamakan keselamatan ketimbang penampilan. Dan sebaiknya pilihlah helm yang mampu melindungi kepala, tidak hanya yang memiliki desai yang bagus dan menarik saja.

“Seringkali orang tidak melihat helm sebagai alat pelindung yang penting, dan itu merupakan suatu kesalahan,” kata Frans Lee, Cargloss Proriders, distributor helm merek Arai di Indonesia.

“Helm merupakan perlengkapan wajib berkendara untuk menjaga keselamatan, oleh karena itu telitilah sebelum membeli sebuah helm, agar dapat menjaga keselamatan kepala anda saat terjadi benturan, tanpa meninggalkan rasa nyaman menggunakannya,” tambahnya

Hukum asalnya bahwa fungsi helm adalah sebagai pelindung kepala yang kuat dan terbuat dari bahan yang tahan benturan seperti kevlar atau serat resin. Dibeberapa negara helm dipergunakan sebagaimana mestinya dan merupakan pelengkap yang wajib dipakai bagi pengendara motor.

Dan di Indonesia sendiri sesungguhnya sudah dicetuskan oleh kepala kepolisian Hoegeng pada awal tahun 70-an, tetapi mendapat penolakan yang cukup keras saat itu. Pada akhirnya berdasarkan Undang Undang No.14 tahun 1992, helm ditetapkan sebagai perlengkapan wajib bagi para pengendara motor.

Maka pilihlah helm yang berkualitas baik dan tahan dari berbagai macam benturan, boleh memilih helm yang indah dilihat tapi utamakan ketahanan helm atas benturannya fahulu. Berikut cara memilih helm yang berkualitas baik menurut Menurut Frans Lee:

1. Yang pertama kali yaitu carilah helm yang sesuai dengan ukuran kepala anda, tidak sempit dikepala yang nantinya akan mengurangi kenyamanan ketingga berkendara dan jangan pula memilih helm yang terlalu longgar itu juga mengurangi kenyamanan, serta ditakutkan jatuh tertiup angin atau ketika tidak sengaja melewati lobang besar. Carilah helm yang pas dengan kepala.

2. Pilihlah helm yang bahan shellnya keras/tidak lentur, bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal. Karna semisal jatuh di perjalanan maka helm akan melindungi kepala dari benturan dari kerasnya jalanan, jika helm itu bersifat lentuk pastinya kepala juga akan merasakan tekanan kerasnya benturan ketika jatuh.
3. Pilihlah hem yang full face, yang menutupi seluruh bagian kepala terutama yang menutupi tempurung kepala, atau minimal openface karena tipe helm ini yang paling maksimal melindungi kepala anda saat berkendara.
4. Jika anda memilih helm yang bagian luarnya keras dikarnakan untuk melindungi dari benturan, maka pilih lah helm yang lebut bagian dalamnya karna hal demikian bisa mengurangi kerasnya benturan, serta yang bisa menyerap keringat. Karna helm yang seperti ini bisa membuat anda nyaman dalam perjalanan terutama yang ingin perjalanan jauh sampai berhari-hari.
5.Helem yang lebut bagian dalamnya saja itu belum cukup, pilihlah yang paling tebal dan lebut hal ini untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras, sebagaimana yang sebelumnya dijelaskan, jadi semakin tebal bagian dalam maka semain mengurangi benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.
6. Pilihlah helm dengan tali pengikat yang kuat, tali pengikat yang kuat sangat penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.
7. Dan janga lupa untuk melihat bahwa helm tersebut sudah memnuhi SI standard internasional yang telah ditentukan. Itu berarti helem tersebut sudah diujui dan lolos uji kualitas.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.