Jangan Sampai Tertipu Dengan Oli Palsu, Ini Cara Membedakannya

Oli merupakan komponen penting bagi kendaraan, oli juga merupakan cairan fluida di dalam mesin yang memiliki fungsi mesin ketika digunakan untuk berkendara. Karna oli sangat mendukung jalannya performa mesin dan untuk pencegahan kerusakan ketika mesin akan dijalankan.

Oleh sebab itu bagi para pemilik kendaraan seharusnya lebih memperhatikan lagi mengenail oli jenis apa yang bagus untuk kendaraannya. Apalagi jika membicarakan zaman sekarang yang sudah maraknya beredar oli-oli palsu yang tentunya lebih rendah kualitasnya dibanding yang asli. Walaupun jika dilihat sepintas oli tersebut mirip sehingga tidak dengan mudah untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.

Mekanik Aneka Mitra, Acin, bengkel di daerah Kebon Pisang, Jakarta Barat, akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana mengetahui mana oli berkualitas yang asli dan oli yang palsu.

‘’Cara mudah pertama untuk membedakan mana oli asli dan oli palsu yaitu dengan memperhatikan botolnya, biasanya botol oli palsu memiliki warna, kemudian stiker atau memiliki hologram yang kusan dan terlihat samara tau tidak jelas. Sedangkan untuk tekstur kemasannya biasanya lebih kasar ketimbang yang asli,’’ tutur Acin.

Selain itu Acin juga menambahkan jika para calon pembeli harus melihat segel dan tutup kemasan untuk berjaga-jaga agar tidak mendapatkan yang palsu, tentunya pemahaman dan kejelian calon konsumen tersebut dibutuhkan.

Sedangkan oli yang asli itu memiliki segel yang rapi, kode, dan kesejajaran angka atau huruf pada tutupnya terlihat benar. Selain itu juga merek oli yang asli biasanya dilengkapi dengan alumunium foil serta logo pada bagian atas produk. Acin mengatakan ‘’pokoknya harus seksama dan teliti dalam melihatnya’’.

Untuk membedakannya juga bisa dilihat dari warna, baud an kekentalannya. Jiak oli asli warnanya lebih bening kemudian bertekstur lembut dan libih bersih. ‘’Bau oli yang asli itu sangat khas dan juga biasanya harum. Berbeda dengan oli yang palsu biasanya memiliki tekstur yang lebih kental dan warnanya lebih gelap jika diperhatikan,’’ ucap Acin.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.