Jangan Remehkan Untuk Mengecek Tutup Air Radiator Sebelum Overheat

Ada hal penting yang harus anda cek sebelum melakukan perjalanan yaitu kondisi air radiator. Namun ada hal yang jauh lebih penting lagi sekedar mengecek kondisi air radiator, yaitu memastikan tutup air radiator seusai mengisi air sudah tertutup rapat atau belum.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan sangat jarang pemilik mobil ingat untuk menutup rapat tutup air radiator sebelum bepergiaan. Padahal hal yang seperti ini memang dianggap remeh padahal dampaknya sangat signifikan.

Anjar mengatakan “Memang terkadang orang masih mengecek air radiator, menjelang pagi sebelum bepergian dia mengecek, aman, ditutup lagi. Keesokan harinya dicek lagi, aman, ditutup lagi. Besoknya ketika dilihat sudah habis itu karna dia lupa menutupnya. Tutup radiator itu dua kali suara klik, krek, kre. Jangan samapai hanya sekedar nampak tertutup saja.”

Dia menambahkan, jika menutup tutup air radiator tidak rapat bisa membuat air berkurang. Sehingga air radiator lama kelamaan akan surut dan akhirnya mengering sehingga berdampak pada overheat, yaitu kondisi mesin mobil dalam keadaan panas.

Jika hal tersebut terjadi, akan merembet kemasalah yang lain. Dampak yang paling ekstremnya ketika dalam kondisi overheat yaitu bisa melengkungkan kepaa silinder dan komponen lain yang materialnya plastik yang bisa meleleh.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.