Inilah Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

Ketika anda dalam kondisi dikejar waktu pastinya anda ingin berkendara dengan kecepatan tinggi, akan tetapi anda juga harus mengetahui kondisi jalan yang anda lalui baik itu jalan yang berlubang kemudian becek dan yang terpenting adalah kondisi rem kendaraan anda.

Jangan sampai ketika anda berkendara dalam kondisi tersebut akan tetapi fungsi rem tidak normal sebagaimana mestinya, patinya akan mengurangi kenyamanan anda dan pastinya tingkat kecelakaan kemungkinan terjadi.

Untuk beberapa kasus tersebut ada beberapa penyebab rem mobil yang kurang pakem salah satunya bisa saja disebabkan karna komponen yang ada pada sistem pengereman mengalami masalah atau kerusakan yang dikarnakan para pemilik kendaraan yang kurang dalam perawatan semua komponen rem pada mobil.

Tidak menutup kemungkinan juga kerusakan rem pada mobil dikarnakan master rem atas yang mengalami kebocoran atau bisa juga karna servo boosternya rusak. Selain kedua komponen tersebut, masih banyak lagi komponen yang dapat mengakibatkan rusaknya rem pada mobil atau kurang pakemnya rem. Berikut ada beberapa komponen yang harus anda periksa kembali ketika rem tidak pakem lagi:

  1. Master Hodrolik Rem Bagian Atas

Kondisi master rem bagian atas yang bocor dapat mengakibatkan rem tidak pakem lagi. Karna sil yang bocor atau sudah aus. Tingkat keausan sil dapat dilihat dari permukaan tabug minyak rem ketika di kocok dan di injak beberapa kali minyak rem tidak turun akan tetapi malah kembali ke atas. Jika mengalami kebocoran bisa dilihat dari antara bagian master rem dan booster. Akan tetapi jika tidak ada kebocoran namun minyak rem cepat habis, itu artinya minyak mengalir masuk ke bagian servo atau booster dan seiring waktu dapat mengakibatkan pedal rem menjadi keras.

  1. Master Hoidrolik Rem Bagian Bawah

Master rem yang macet akan mengakibatkan piton rem tidak berfungsi secara maksimal ketika mendorong kanvas rem dan pada akhirnya akan mengakibatkan rem tidak pakem bahkan blong. Hal seperti ini biasanya akan ditandai dengan pedal rem yang keras ketika diinjak. Begitu juga ketika terjadi kebocoran, tentu selain tenaga pendorong piston tidak ada, kanvas rem juga akan licin dan basah sehingga menyebabkan rem tidak pakem bahkan ngelos.

  1. Kanvas rem

Periksa kondisi kanvas rem, karna ketika rem mobil tidak berfungsi maksimal itu bisa juga dikarnakan kanvas rem yang basah karna licin atau karna kanvas rem yang tipis. Dengan dua kondisi seperti ini mengakibatkan rem tidak berfungsi secara maksimal.

  1. Booster rem atau servo

Jika anda menginjak pedal rem akan tetapi lebih keras dari yang biasanya itu artinya bahwa ada kerusakan pada komponen ini, itu bisa dikarnakan minyak rem yang masuk ketika master atas mengalami kebocoran, selang vacum servo bocor atau bisa juga dikarnakan sil servo yang bocor. Sedangkan tanda sil servo bocor itu ketika keluar bunyi desis dari pedal rem yang diinjak atau pada saat mesin pertama kali dihidupkan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.