Inilah Beberapa Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Busi merupakan komponen yang penting bagi setian kendaraan baik itu kendaraan beroda dua atau kendaraan beroda empat. Jika dipandang dari bentuknya memang terlihat kecil dan sepele, akan tetapi jika komponen ini mengalami masalah atau kerusakan maka akan menimbulkan akibat yang begitu besar terhadap kendaraan tersebut.

Dengan kehadiran komponen kecil ini atau busi kita jadi bisa menghidupkan mesin kendaraan, dikarnakan busi sendiri terdapat pada sistem pengapian dari kendaraan bermotor. Mungkin anda juga sering mengalami kendala seperti busi mati padahal baru saja anda menggangtinya dengan yang baru.

Jika adan mengalami hal-hal seperti itu tentunya anda akan merasa jengkel, terlebih lagi jika kita masih dalam perjalanan jauh dan melewati di jalan yang sepi yang jauh dari bengkel. Sedangkan solusi untuk mendapatkan busi tersebut kita harus mendatangi bengkel-bengkel, sedangkan bengkel belum tersedia banyak layaknya rumah makan. Terlebih lagi ada beberapa kendaraan yang tipe businya sangat sulit untuk ditemukan.

Sebenarnya busi yang mati tidak hanya terjadi pada busi yang baru atau yang lama melainkan ada beberapa penyebab busi menjadi mati. Berikut penjelasan mengenai beberapa hal yang mengakibatkan busi mati:

  1. Konsleting di jalur pengapian

Bila dijalur pengapian mengalami konsleting maka itu juga bisa mengakibatkan busi lebih cepat mati. Hal tersebut juga dapat mengakibatkan mesin ngadat dan akan menjalar ke bagian koil dibagian pengapian, selain itu juga CDI juga akan mudah mati.

  1. Ruang mesin basah karena oli

Penyebab busi cepat mati juga dikarnakan oleh ruang mesin yang terbasahi oleh oli. Penyebabnya dikarnakan stang seher atau ring seher sudah terlalu lama atau aus. Selain itu juga silinder yang mengalami keausan bisa mengakibatkan oli masuk kedalam mesin dan membasahi mesin sehingga dapat mengakibatkan busi mobil cepat mati. Dan emisi gas buang juga akan mengeluarkan asap yang berlebih melalui knalpot.

  1. Hisap bensin berlebih

Hisapan bensin yang berlebih juga dapat mengakibatkan banjir dibagian karburator sehingga mesin menjadi lembab sehingga menimbulkan partikel kotoran dan akan menumpuk. Nah kotoran inilah yang dapat mengakibatkan konslet sehingga walau anda telah menggantinya dengan busi yang baru tetap akan mati juga. Langkah yang paling dianjurkan adalah dengan menservise karburator dengan rutin.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.