Ini yang Bikin Ban Cepat Rusak

Ban adalah salah sati komponen yang peting dalam suatu kendaraan baik itu roda dua atau roda empat. Walau terbilang mudah dalam perawatannya akan tetapi masih banyak yang menyepelekan perawatan benda bulat satu ini. Para pemilik kendaraan terkadang tidak akan meliriknya jika memang belum terjadi suatu hal yang fatal, sehingga memperpendek masa pakai menjadi lebih cepat dan sangat rentang mengalami kerusakan.

‘’Banyak pengamatan yang mengatakan bahwa hampir 99 persen kerusakan pada ban disebabkan perawatan yang kurang baik seperti ban cepat uas, atau ausnya tidak merata dan ada beberapa sisi yang benjol pada ban,’’ kata Achmad Nuril selaku OEM Technical Service Bridgestone beberapa waktu lalu.

Salah satu penyebab rusaknya ban yang paling sering diabaikan oleh kebanyakan pengendara adalah tekanan udara yang kurang pada ban atau tidak sesuai dengan setandar pabrikan yang telah ditentukan. Dia menyarankan supaya lebih memperhatikan tekanan ban agar sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan sehingga dapat memperpanjang usia pakai ban itu sendiri.

“Ban benjol itu tekanan kurang dari standar dan melintas lubang. Jika tekanan angin tinggi maka ban habis di bagian tengah, kalau tekanan angin kurang timbul masalah juga karena bagian sampingnya bisa habis duluan,” tutur dia.

Ia sangat menyarakan bagi pemilik kendaraan beroda empat semestinya harus senantiasa mengecek kondisi tekanan angin pada ban terutama ketika ingin melakukan perjalanan jauh. Ia sangat tidak menyarankan ketika pengecekan tekanan angin pada ban menggunakan perasaan seperti misalnya ditendang. ‘’Pemeriksaan tekanan angin yang ideal bisa menggunakan tire pressue gauge. Jangan sampai mengecek tekanan angin pada ban menggunakan tendangan, karna hal tersebut sangat tidak akurat,’’ jelasnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.