Ini Waktu Perawatan AC Mobil Yang Tepat

AC (air conditioner) membutuhkan perawatan yang rutin agar tetap menjaga kesejukan udara yang akan menjaga kenyamanan dalam kabin mobil. Kurangnya perawatan dapat mengakibatkan kinerja AC akan memburuk dan akhirnya akan mempengaruhi kenyamanan berkendara, jika dihidupkan dalam kabin akan bau tidak sedap sedangkan jika dimatikan akan terasa panas.

Heru Wibowo, Workshop Manager PRO-Q menjelaskan, Perawatan AC yang baik adalah jika dilakukan secara berkala yaitu setiap tiga atau eman bulan sekali.

“Awal dalam jangka waktu 1 tahun itu tiga bulan sekali pemeriksaan filter kabin. Enam bulan sekali pembersihan evaporator,” jelas Heru.

Dia juga menjelaskan, , evaporator berfungsi menampung dingin refrigerant yang kemudian ditiup blower. Bagian ini bisa menjadi kotor dan bau karena terpengaruh sirkulasi udara dari kabin. Untuk perawatan rutin tahunan proses pengerjaan memakan waktu 1,5 jam.

‘’Bila sudah genap satu tahun, flusing. Itu menguras oli kompresor, mengganti refrigerant, dan membersihkan sistem di konfigurasinya,” lanjut Heru

Heru sangat menyarakan untuk selalu memperhatikan dengan seksama kompresor. Oleh sebab itu heru sangat menyarangan kepada pemilik kendaraan agar selalu mengecek dan dengan rutin mengganti pelumas kompresor.

‘’Pada perinsipnya jantung utama AC adalah kompresor. Karna kompresor menggunakan oli maka Heru menyarankan untuk menggantinya dengan berkala selama 1 tahun sekali atau setiap 20 ribu km, tergantung mana yang paling pertama mencapainya,’’ ia menjelaskan.

Selain kompresor, komponen lain yang tidak kalah penting dalam menjaga hembusan AC tetap segar adalah filter. Menurutnya, tingkat polusi di Jakarta yang tinggi otomatis membuat filter AC mobil cepat kotor dan otomatis akan menghambat hembusan AC.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.