Ini Tips Menangani Kopling Lengket Yang Disebabkan Banjir

 

Dengan kondisi musin hujan seperti yang sekarang ini, membuat banyak jalanan tergenang air, terlebih lagi jika memang jalan tersebut berlubang besar atau kondisi jalan yang cekung sehingga memungkinkan air yang menggenang banyak. Tentunya kendaraan tidak bisa menghindari hal tesebut sehingga kendaraan yang sering kali digunakan pastinya akan mengalami genangan air atau terendam banjir bahkan bisa menenggelamkan setengah ban lebih. Jika anda sering membawa kendaraan anda di jalan yang kondisinya menggenang air, tidak jarang seusai itu anda tidak bisa memasukan gigi transmisi.

Yang menandai hal seperti itu adalah ketika pedal kupling terasa lebih berat dan saat mesin sudah dalam kondisi menyala. Anda kesulitan untuk mengubah posisi gigi transmisi. Kenapa hal seperti itu bisa terjadi? Hal tersebut dikarnakan perubahan bentuk plat kupling yang terendam air. Plat kupling yang berbahan dasar asbes, membuat asbes akan berubah bentuk akibat terendam air, sehingga membuat plat kupling menempel pada pelat penekan kopling dan flywheel mesin.

Itu membuat kopling tidak bisa bebas untuk digerakan, walaupun adnda sudah menekan pedal kopling, atau bisa disebut juga kopling lengket. Bagi anda yang telah mengalami hal seperti ini, jangang terlalu risau, masih ada cara mudah untuk mengatasinya.

Anda hanya perlu menghidupkan mesin kemudian injak pedal gas hingga putaran mesin mencapai angka 2-3 ribu rotation per minute (RPM). Diselingi dengan memainkan pedal komping dengan cara menginjak dan melepas beberapa kali. Disertai mencoba memasukan gigi.

Jika anda telah mencoba cara yang diatas namun tidak membuahkan hasil coba cara yang berikutnya.

Ketika msih belum bisa hidup, injak kopling kemudian masukan gigi satu. Bebaskan rem tangan, dan siapkan kaki kanan untuk menginjak pedal rem. Pastikan pada bagian depan mobil tidak ada benda yang enghalangi, kemudian hidupkan mesin. Ketika kendaraan terasa menyentak atau seperti melompat, injak pedal rem kemudian matikan mesin kendaraan. Setelah menetralkan kembali posisi gigi transmisi, hidupak mesin dan cek, sudah dapat dilkukan atau belum perpindahan giginya. Itulah beberapa cara yang tidak susah mengatasi kupling lengket yang kemungkinan akan dialami kendaraan pada musim hujan seperti saat ini.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.