Ini Tips Membersihkan Filter Udara Pada Motor Dengan Mudah

Jika terdapat begitu banyak kotoran pada busa saringan udara, maka akibatnya hasil pengabutan udara dan bensi yang masuk ke ruang bakar akan menghasilan campuran kaya, sehingga konsumsi bahan bakar minyak akan menjadi lebih boros dan mesin juga tidak bekerja maksimal. Oleh sebab itu jika busa saringan udara kotor bersihkan secara periodik jika memungkinkan maka lebih baik gantu dengan yang baru.

Anda harus sering mengecek saringan udara pada sepeda motor anda, karna saringan udara harus selalu dalam keadaan bersih terlebih lagi sepeda motor tersebut sering melewati jalan yang kadar debunya tinggi. Lantas bagaimana cara membersihkannya dengan benar? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Filter udara dari busa

Untuk membersihkan filter udara yang berbahan dasar busa tersebut tidaklah sulit yaitu dengan hanya menggunakan bensin kemudian merendamnya atau disiram kemudian langkah berikutnya diperas. Lakukanlah sampai dua atau tiga kali, tapi ingat cara memerasnya jangan sampai dipelintir, lakukanlah pemerasan yang lebut karna busa tersebut lebih mudah rusak dan akan merusak bentuk aslinya yaitu akan melar.

Ketika sudah bersih maka lumuri dengan oli, bisa menggunakan oli mesin SAE 10-4-W atau juga oli samping. Jangan terlalu tebal ketika melumuri oli ke busa filter tersebut.

  1. Kertas kering

Kertas kering juga bisa disebut dry element. Berbahan tebal dan tidak mudah rusak ketika menyedot udara, walau udara tersebut juga bercampur dengan air. Untuk pembersihan fiter ini malah terbilang lebih mudah ketimbang yang busa.

Untuk membersihkan kotoran yang menempel, semprotkan saja dengan menggunakan angin kompresor, tidak perlu direndam dengan bensin apalagi dengan oli. Tapi masalah harga memang lebih mahal daripada yang terbuat dari busa.

  1. Kertas basah

Kertas basah bisa juga disebut wet element. Bahannya tidak jauh berbeda dengan kertas kering atau dry element. Yang membuat beda yaitu kertas basah meiliki pelumas khusus yang berfungsi untuk menyetop kotoran yang akan masuk ke ruang bakar. Tapi bukan berarti pelumasnya bisa ditambah.

Saringan jenis ini memang tidak memerlukan banyak perawatan, disebut viscus element yang digunakan pada Honda Vario. Selain Honda Vario, filter ini juga dipakai pada Yamaha Soul dan New Mio. Tapi perlu diketahui bahwa fiter jenis ini banyak pantangannya yaitu tidak bisa dibersihan menggunakan kuas atau sikat, kemudian tidak boleh dibersihkan juga dengan pompa angina kertekanan, karna semprotan tersebut bisa menghilangkan pelumas pada kertas.

Membersihkannya cukup menggunakan lap yang tipis. Untuk batasan pembersihannya bisa dilakukan ketika motor sudah menempuh jarak 15.000 km.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.