Ini Penyebab Ban Menjadi Benjol

fungsi dari ban sendiri adalah sebagai alas kaki baik itu kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat dan menjadi salah satu komponen penting sebagai penunjang tegaknya suatu kendaraan. Kondisi ban yang baik atau buruk sangat mempengaruhi keseimbangan berkendara. Dalam artian kenyamanan dan ketidak nyamanan ketika berkendara itu dipengaruhi oleh kondisi ban.

Cuaca yang terkadang berubah dari panas terkadang hujan membuat kondisi jalan aspal lama kelamaan menjadi berlubang. Kondisi ban yang berlubang sangat berpotensi merusak ban, terlebih lagi sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

Kondisi jalan yang berlubang dapat membuat ban menjadi bejol, kemudian tonjolan yang diakibatkan lubang tadi pada ban dapat mengganggu keseimbangan dalam berkendara, tentunya membuat pengendali jadi kurang nyaman.

Salah satu penyebab ban menjadi bunting adalah karna benturan antara telapak ban dengan benda keras. Karna benturan membuat benang atau carcass di bagian dalam ban putus. Sedangkan tekanan angin dalam ban menekan bagian ban yang putus sehingga akan membenjol. Ini dikarnakan karna carcass atau benang yang jadi kerangkan sudah rusak sehingga menyebabkan bentukny tidak bisa simetris seperti semula lagi.

Jika sudah terjadi hal demikian maka salah satu cara yang dapat mencegah ketidak nyamanan karena benjolan ban tersebut adalah menggantinya dengan yang baru. Itu dikarnakan kondisi carcass atau kawat pada ban tersbut sudah putus dan sulit diperbaiki.

Akan tetapi ada langkah untuk mencegah agar tidak terjadi benjolan pada ban yaitu selalu mengikuti prosedur dari pabrikan, yaitu tidak terlalu kebanyakan dan tidak terlalu sedikit. Karna tekanan angin pada ban yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan ban menjadi keras sehingga ketika berbenturan dengan benda keras maka struktur ban tidak mampu meredam dengan baik sehingga menyebabkan kawat menjadi putus, sedangkan jika terlalu rendah tekanannya maka ketika membentur benda keras maka akan membahayakan ban bagian dalam bahkan bisa menjadi bocor.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.