Ini Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lampu LED

Lampu berteknologi Light Emiting Dioda (LED) saat ini sudah banyak sekali yang menggunakannya untuk dipasang pada kendaraan mereka baik itu yang beroda dua atau yang beroda empat. Ternyata ada kekurangan dan kelebihannya ketika memasang lampu LED pada kendaraan.

Endro Sutarno, Instruktur Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), mengatakan bahwa lampu LED tidak memerlukan listrik yang telalu besar jika dibandingkan dengan lampu bohlam. Dengan demikian akan meringankan kinerja kelistrikan suatu kendaraan yang akan membuat performa mesin serta efisiensi bahan bakar menjadi lebih bagus.

“jika Full LED, energi listrik yang digunakannya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan menggunakan bohlam. Jika menginginkan yang lebih terang tentunya menggunakan bohlam namun memang dibutuhkan watt-nya yang gede. Beda dengan LED yang terang tapi watt-nya kecil. Nah kalau watt-nya sedikit, otomatis sumbernya enggak perlu gede. Jikalau sumbernya tidak gede, itu sama saja meringankan putaran cranktrikan, sehingga putarannya lebih ringan. Jadi lebih irit bahan bakar dan lebih enak, dikarnakan sistem elektrikal itu sangat mempengaruhi keiritan suatu kendaraan,’’ tutur Endro.

Endro memaparkan bagaimana pengaruh performa mesin dan efisiensi bahan bakar terhadap penggunaan sistem kelistrikan sebuah lampu LED. Endro menilai bahwa dengan menggunakan lampu LED yang watt-nya kecil dapat meringankan kinerja crankshaft pada mesin.

‘’logikanya seperti ini, bohlam dapat menghasilkan sinar yang begitu terang, namun selain itu watt-nya juga gede. Jika watt-nya gede maka sumber yang dibutuhkannya juga harus gede. Nah, sumber yang gede tersebut didapatkan dari gelombang magnet yang gede sekali sehingga dapat memberatkan putaran crankshaft, Pengaruhnya ke performa engine, dan mesinnya kan harus ngeden jadi hal seperti ini dapat mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar minyak, tutur Endro.

Endro mengambil All New CBR 150R sebagai contoh yang menggunakan lampu LED. Jika sebelumnya dua lampu bohlam dipasang di depan CBR 150R dengan kapasitas 1 bohlamnya 35 watt jadi totalnya 70 watt, kini motor tersebut menggunakan lampu LED 4 titik untuk lampu low dengan total watt-nya 11,4 watt yang dipasang di depan dan 6 titik untuk lampu high dengan total watt-nya 14,4. Jadi jika dijumlahkan keseluruhan hanya 25,8 watt. Sehingga energi yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dan pastinya dapat meringankan putaran crankshaft sehingga dapat membuat irit bahan bakar minyak.

Bukan hanya itu saja, dengan lampu Led yang bentuknya lebih tipis memudahkan untuk mendesain kendaraan menjadi lebih cantik. Pihak desainer pun tidak kerepotan lagi untuk membentuk kendaraan tersebut dengan lampu LED yang tipis.

Selain tipis dan lebih terang lampu LED juga lebih mudah dalam perawatannya serta lebih awet jika dibandingkan dengan lampu bohlam. Bahkan dia mengatakan bahwa jika pemilik kendaraan tersebut sudah bosan dengan lampunya, belum tuntu sudah putus kampu LED tersebut. Tentunya dengan catatan arus listriknya juga bagus.

Namun ada kekurangannya yaitu endro menjelaskan jika dalam satu bulan lampu Led tersebut rusak, maka harus diganti secara keseluruhan. Jadi seorang mekanik tidak boleh sembarangan mengotak atik atau memasang saklar yang bisa menon aktifkan lampu LED tersebut pada motor.

Memang untuk saat ini harga lampu LED memang terbilang mahal, namun Endro menjelaskan bahwa itu hanya mahal pada awalnya saja namun untuk perawaratan dan kedepannya bisa dibilang lebih hemat dalam pemakaiannya. Karna dapat memaksimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada motor.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.