Ini Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Secara Kredit

Mobil Yang terjual di Indonesia kebanyakan dibeli dengan cara kredit. Bagaimana tidak, dengan banyak farian tawaran seperti cicilan yang murah atau potongan harga, promosi seperti ini terbilang sukses menarik perhatian para calon konsumen. Terlebih lagi jika memang kondisi keuangan yang krisis sedangkan sangat membutuhkan kendaraan roda empat.

Jika anda termasuk salah satu yang terjerat dengan promosian seperti itu maka ada kalanya anda memperhatikan beberapa hal sebelum anda membeli mobil tersebut, karna ada beberapahal yang harus dipastikan.

Pertama, hal yang harus anda pertimbangkan secara matang adalah kebutuhan mobil dengan alokasi danan yang ada, maksudnya perhitungan kembali apakan penghasilan adan bisa menutupi kebutuhan seperti perawatan mobil jika mengalami kerusakan atau hal lain. Kemudian perhitungan kembali apakan anda mampu membayar secara rutin cicilan yang ditawarkan dan perhatikan juga bunganya juga.

“Konsumen seringkali tidak memperhatikan bunga yang ditawarkan. Kebanyakan (untuk kredit mobil) bunganya flat. Dia mesti bayar bunga dari total awal pinjaman,” jelas dia.

Berdasarkan penelusuran, pembiayaan yang ditawarkan oleh perusahaan atau bank memiliki bunga yang beragam. Oleh sebab itu perhitungkan kembali sebelum anda membelinya mengenai pembayaran Daihatsu Sigra 1,2 tipe X A/T yang dibanderol Rp 137,650 juta dengan uang muka 30 persen (Contohnya).

Didapati beragam bunga ditawarkan mulai dari 4,98 hingga 8,15 persen. Dengan uang muka sebesar 30 persen (Rp 41.295.000) dan bunga 4,98 persen, tenor 48 bulan, cicilan yang harus dibayar konsumen sebesar Rp 2.407.269.

Praktis, biaya cicilan selama 4 tahun untuk Daihatsu Sigra sebesar Rp 115.548.912. Jumlah ini sebenarnya 19 persen lebih besar dari pinjaman pokok.

Sedangkan bila tenornya 12 bulan dengan uang muka 30 persen cicilannya sebesar Rp 8.349.161. Total cicilan dengan tenor ini 3,9 persen lebih besar dari pinjaman pokok.
Oleh sebab itu bagi para calon konsumen harus lebih mempertimbangkan kembali secara seksama mengenai bunga yang perlu dibayar. Bunga akan semakin besar jika semakin lama tenornya. Memang benar cicilannya terbilang lebih kecil, akan tetapi jika dikalikan berapa bulan dia melunasinya. Yang disarankan lagi adalah bandingkanlah besaran bunga yang ditawarkan antar bank atau lembaga pembiayaan lainnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.