Ini Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Anda Meninggalkan Motor Untuk Mudik

Mudik lebaran merupakan agenda rutin yang tidak bisa dilupakan begitu saja kehusunya masyarakat indonesia pada setiap tahunnya. Walaupun masih banyak yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi akan tetapi masih ada juga yang menggunakan angkutan umum seperti bus dan kereta untuk berkumpul di kampung halaman bersama sanak saudara.

Seperti layaknya kendaraan lainnya, ada beberapa hal yang harus dilakuakan sebelum anda meninggalkan motor selama mudik terlebih lagi itu waktu yang lama.

Ada empat hal yang penting yang harus dilakukan sebelum meninggalkan sepeda motor dalam jangka waktu yang lumayan lama.

‘’Harus diperhatikan benar-benar itu. Jika salah-salah malahan nantinya akan merepotkan diri sendiri, karna nantinya motor tidak mau menyala atau mengalami kerusakan,’’ jelas Mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Zainal.

Agar kondisi motor tetap prima selepas ditinggal mudik lemaran yang lama, ada beberapa tips yang harus dilakukan yaitu:

  1. Usahakan ketika ingin meninggalkan sepeda motor harus dalam kondisi yang kering dan sangat bersih. Bertujuan untuk menghindari sepeda motor dari korosi atau karat selama ditingggal pergi mudik.
  2. Anda harus mencabut kabel aki motor, untuk memastika supaya tidak terdapat arus listrik yang bocor sehingga menyebabkan aki soak.
  3. Tinggalkanlah motor anda dalam kondisi tangki full abahan bakar, atau bisa juga menguras tangki motor sampai benar-benar kosong dan bersih. Bertujuan untuk menghindari korosi atau karat pada tangki nantinya.
  4. Jangan menggunakan standar miring untuk mendirikan motor akan tetapi gunakanlah standar gana untuk mendirikan sepeda motor kemudian berikanlah alas pada ban agar tidak bersentuhan langsung pada lanatai dengan tujuan untuk menghindari terjadinya kebocoran atau ban kempes.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.