Ini Dia Wujud Superbike Senilai 4,5 Miliar

Tamburini-T12-Massimo-10

Bintangotomotif.com – T12 Massimo adalah superbike dengan mesin canggih dan desain tampilan yang keren. mungkin nama Massimo Tamburini terdengar cukup asing bagi masyarakat di Indonesia, bahkan mungkin baru ada yang mendengarnya untuk pertama kali. Tapi tidak demikian jika pertanyaan yang sama tersebut dilontarkan di Italia, sebagian besar masyarakat di Italia pasti sudah mengenalnya. Di Italia nama Massimo Tamburini identik dengan sepeda motor canggih berdesain keren.

Massimo Tamburini sendiri adalah seorang desainer sepeda motor paling popular dari Italia. Banyak karyanya yang sudah  diluncurkan pada merk-merk terkemuka di Italia, seperti  Cagiva, MV Agusta dan Ducati. Bahkan Massimo sendiri dikenal sebagai salah satu pendiri Bimota produk eksotik bermesin Ducati.Meskipun pria ini telah meninggal dunia sejak tahun 2014 lalu, namun sampai sekarang karyanya masih dikenang. Terakhir kali sebelum kepergiannya, Massimo Tamburini hampir menyelesaikan sebuah desain superbike. Tapi karena ia telah meninggal, maka desain yang belum selesai tersebut dilanjutkan sampai selesai oleh Andrea Tamburini yang merupakan anak dari Massimo Tamburini.

Dan selang beberapa waktu akhrnya desain tersebut benar-benar jadi dan diberi nama T12 Massimo . Menurut laman Cyclworld penamaan dari sepeda motor T12 Massimo ini mempunyai arti tersendiri. T adalah Tamburini, 12 adalah angka yang dianggap sebagai angka keberuntungan, sedangkan Massimo dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai maksimal. Jadi sepeda motor ini merupakan puncak kreativitas dari Tamburini. Pasalnya saat bekerja dengan pabrikan ternama ia selalu dibatasi oleh terbatasnya anggaran dan semakin ketatnya aturan homologasi. Setelah keluar dari MV Agusta pada tahun 2008 lalu, Pria ini langsung tancap gas dengan membuat proyeknya sendiri. Meskipun pada akhirnya proyek tersebut tidak diselesaikannya. Namun, menurut informasi yang beredar tujuan utama dari Tamburi adalah merealikasikan sepeda motor terbaik, paling aman, paling ringan, dan sepeda motor yang paling kompak yang pernah diciptakan di kelas superbike.

Sebagai informasi, T12 Massimo ini didukung dengan mesin SBK yang merupakan mesin paling eksklusif, BMW S1000RR empat silinder segaris. Mesin ini juga diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 230 Tk. Selain itu bobot dari motor ini juga hanya 155 kg karena adanya bahan serat karbon yang digunakan pada beberapa bagian superbike T12 tersebut. Selain mesin, beberapa komponen lain juga berasal dari merek ternama seperti Ohlins, Brembo, dan Marchesini. Sementara bagian lain komponennya dibuat sendiri dan telah memiliki paten. Untuk harganya T12 Massimo ini dibanderol dengan harga US$ 342 ribu atau sekira Rp 4,55 miliar.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.