Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Banjir pada Karburator

BINTANGOTOMOTIF.COM – Mudik memang telah menjadi salah satu fenomena tersendiri bagi masyarakat tanah air, terlebih dengan menggunakan kendaraan bermotor. Hampir tiap tahun puluhan juta pengendara motor rela menempuh jarak yang sangat jauh demi berkumpul bersama keluarga di hari raya.

Ya pengendara kendaraan bermotor memang terbilang lebih banyak dibanding roda empat, dan tak jarang para pengendara sering mendapatkan kendala disaat tengah melintas diperjalanan terlebih lagi cuaca yang super panas tentu membuat stamina baik pengendara maupun performa motor.

Masalah yang paling sering dihadapi oleh para pengguna kendaraan bermotor tak lain adalah busi mati yang kemudian berimbas ke karburator ngadat karena banjir.

Pada dasarnya karburator juga termasuk merupakan bagian vital dari motor, pasalnya karburator perfungsi sebagai penyalur bahan bakar ke dalam slinder.

Nah Karburator juga menjadi salah satu bagian yang acap kali bermasalah, salah satunya yakni karburator banjir atau bensin yang ada didalamnya meluap.

Lantas apa sebenarnya penyebab dari banjirnya karburator tersebut?

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab banjirnya karburator adalah bagian needle valve yang tak tertutuo secara sempurna. Needle valve ini berfungsi sebagai katup untuk menutup dan membuka aliran bensin dari tangki ke karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka needle valve akan membuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan pada saat ruang pelampung sudah terisi penuh oleh bensin, maka needle valve akan menutup saluran tersebut. Jadi jika pada saat ruang pelampung sudah penuh namun needle valve tidak menutup secara sempurna maka otomatis bensin akan meluap atau yang dikenal dengan karburator banjir.

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Cara mengatasi karburator banjir sebenarnya cukup mudah. Pertama-tama lepas karburator dari silinder head dengan melepas kedua bautnya diikuti melepas kabel gas dan kabel cuk. Namun sebelum itu jika anda masih menggunakan filter udara standar lepas terlebih dahulu filter tersebut agar memudahkan dalam melepas karburator.

Setelah karburator terlepas dilanjutkan dengan membongkarnya dengan cara melepas keempat baut yang ada dibagian bawah. Jika sudah buka ruang pelampung maka akan terlihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastic. Lepaskan pelampung tersebut dengan cara menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama needle valve.

Selanjutnya adalah melakukan penyetelan dengan cara membengkokan keatas (sedikit saja) logam yang digunakan untuk dudukan needle valve. Jika sudah pasanglah kembali pelampung beserta needle valvenya dan lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk (yang berhubungan dengan selang bensin), dan gerakan pelampung keatas dan kebawah. Pastikan bahwa ketika pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve dapat menutup penuh. Jika belum pas, lakukan penyetelan ulang

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.