Ini Dia Mobil Mungil dan Murah Untuk Pedesaan dari Tata Motors

tata-iris

Bintangotomotif.com– Salah satu produsen mobil India, yaitu PT Tata Motors Distribusi Indonesia atau TMDI, berencana akan menawarkan mobil mungil yang murah, mobil ini rencananya di pasarkan khusus untuk daerah pedesaan atau pinggiran perkotaan.

Sebagai salah satu cara penjajakan terhadap pangsa pasar Indonesia, Tata Magic Iris- yaitu nama dari mobil itu, diboyong langsung pada gelaran ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini.

“Untuk mobil mungil ini kami berikan kapasitas mesin 611 cc dengan adanya dua silinder, mobil ini juga salah satu mobil yang unik karena berbahan bakar gas yakni CNG (Compressed Natural Gas). Tenaga yang bisa dihasilkan dari mobil mungil ini mencapai hingga 9,9 kW pada kecepatan 300 rpm dan dengan torsinya 39 Nm pada percepatan 1.600 hingga 1.800 rpm,” ujar salah satu orang yang menjabat sebagai Brand Manager Commercial Vehicle TMDI (Wilda Bachtiar), saat ditemui pada gelaran arena GIIAS, ICE-Serpong, Tangerang Selatan.

Baca juga:

  1. Mazda 2 Limited Edition di GIIAS Cuma 200 Unit Saja!
  2. Nge-Charge Baterai Ponsel di Mobil, Ini Dia Bahayanya!

Menurut Bachtiat, kendaraan tersebut memiliki jumlah kapasitas lima orang penumpang, yakni seorang yang berada di korsi pengemudi serta empat lainnya adalah penumpang dewasa. Bentuknya yang sangat mungil ini diyakini sangat cocok untuk jenis dan karakter jalanan yang ada di tanah air yang padat. Mobil mungil ini juga memiliki kemampuan manuver baik itu di jalanan sempit serta padat, ini sudah mereka buktikan di India sendiri

“Karena India juga mempunyai kondisi serta karakter jalanan yang hampir sama dengan jalanan kita. Tak hanya itu, bahan bakar yang digunakan untuk mobil ini juga cukup banyak di Indonesia terlebih lagi tentunya harga bahan bakarnya lebih murah yakni CNG,” Tuturnya.

Sementara itu, seorang Public Relation Manager dari TMDI, (Kiki Fajar) ia menambahkan bahwa mobil ini akan menyasar ke konsumen yang ingin beralihan dari motor ke mobil, karena mobil ini di claim memiliki harga yang sangat terjangkau.

“Jika kita lihat di daerah perkotaan, atau pinggiran kota kita, bahkan terlebih lagi di sejumlah pedesaan, banyak sekali mereka yang masih menggunakan kendaran jenis motor. Baik itu sebagai sarana pendukung bisnis ataupun untuk angkat-mengangkut barang dan orang. Nah untuk itu, kami tawarkan mobil yang murah dan tentunya akan sangat lebih pas, karena Iris ini memiliki bentuk yang benar-benar mobil. Namun harganya sangat bisa bersaing,” Imbuhnya.

Namun sampai berita ini diturunkan, baik Kiki ataupun Wilda belum bersedia untuk memastikan kapan sih mobil mungil ini bakal diluncurkan untuk pangsa pasar Tanah Air. Keduanya hanya menegaskan, saat ini pihaknya masih dalam masa penjajakan.

Presiden Direktur dari PT  TMDT Biswadev Sengupta , menambahkan bahwa mereka akan terus berkomitmen guna memberikan solusi murah dan nyaman untuk maysarakat Indonesia.

Sedikit info bocoran saja, bahwa Tata Iris CNG ini akan menggunakan satu silinder mesin CNG dengan ukuran tangki CNG berkapasitas seberat 10 kg, atau kurang lebih setara dengan berjalan hingga jarak 220 kilometer.

Ruangan komen telah ditutup.