Ini Dasar Hukumnya Pemakaian Seat Belt (Sabuk Pengaman) Bagi Pengendara Mobil

Pernahkah rekan Bintom mengalami masalah terkait pemakaian sabuk pengaman mobil? Misalnya lupa memakai sabuk pengaman, lalu distop polisi dan kemudian ditilang? Pemakaian sabuk pengaman bagi Anda pengguna kendaraan roda 4 atau lebih adalah wajib hukumnya.

Memang benar, sesuai dengan UU Nomor 14 tahun 1992 tentang Lalu Linas dan Angkutan Jalan pasal 61 ayat 2, disana dinyatakan akan kewajiban pemakaian sabuk pengaman bagi pemakai kendaraan roda empat atau lebih. Disana tertera sanksi, berupa pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda setinggi-tingginya Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).

Berikut ini kutipan utuh pasal terkait di UU Nomor 14 tahun 1992 tentang Lalu Linas dan Angkutan Jalan selengkapnya:

  1. Barangsiapa tidak menggunakan sabuk keselamatan pada waktu mengemudikan kendaraan bermotor roda empat atau lebih, atau tidak menggunakan helm pada waktu mengemudikan kendaraan bermotor roda dua atau pada waktu mengemudikan kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan rumah-rumah, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat (1) huruf e, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda setinggi-tingginya Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).
  2. Barangsiapa tidak memakai sabuk keselamatan pada waktu duduk di samping pengemudi kendaraan bermotor roda empat atau lebih, atau tidak memakai helm pada waktu menumpang kendaraan bermotor roda dua, atau menumpang kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan rumah-rumah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat (3), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda setinggi-tingginya Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).

Lalu, sebagaimana dicantumkan di keterangan pasal diatas yang menyitir 23 ayat (1) huruf e dan pasal 23 ayat 3, pasal itu berbunyi seperti ini:

  • Memakai sabuk keselamatan bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat atau lebih, dan mempergunakan helm bagi pengemudi kendaraan bermotor roda dua atau bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan rumah-rumah.
  • Penumpang kedaraan bermotor roda empat atau lebih yang duduk di samping pengemudi wajib memakai sabuk keselamatan, dan bagi penumpang kendaraan bermotor roda dua atau kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan rumah-rumah wajib memakai helm.

Siapa Saja Penumpang Mobil Yang Wajib Memakai Sabuk Pengaman?

Dari sini timbul pertanyaan, terkait siapa saja dari sekian penumpang mobil yang wajib mengenakan sabuk pengaman. Dari pemaparan pasal sebagaimana tertera di atas, maka jelas, bahwa penumpang mobil yang wajib mengenakan sabuk pengaman ada 2, yaitu:

  1. Sopir atau pengemudi
  2. Orang yang duduk di samping pengemudi

Walaupun begitu, tidak ada salahnya penumpang lainnya juga memakai sabuk pengaman demi keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

Alasan Pemakaian Sabuk Pengaman

Aturan terkait pemakaian sabuk pengaman ini dibuat sebenarnya adalah untuk keselamatan pengendara kendaraan. Ada banyak manfaat yang akan di dapatkan. Ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kecelakaan misalnya, maka keberadaan sabuk pengamana (seat belt) ini amat sangat membantu. Salah satunya adalah meminimalisir benturan tubuh dengan body kendaraan. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang didapatkan.

So, mari kenakan sabuk pengaman dari sekarang untuk keselamatan kita bersama saat berkendara di jalan raya. Dan jangan pakai sabuk pengaman hanya karena takut ditilang polisi, ya? 🙂

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.