Ini Cara Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil

Agar kondisi mobil kita tetap dalam kondisi prima tentunya membutuhkan perawatan yang maksimal dan menyeluruh. Yang disayangkan tidak semua orang memiliki waktu untuk merawat mesin mobil secara menyeluruh atau mendetail. Terkhusus bagi anda yang tidak memiliki waktu kehusus atau waktu yang banyak maka anda beberapa hal penting yang bisa anda lakukan sebagai perwakilan dari perawatan mesin tersebut dan tidak boleh diabaikan.

Tidak hanya mobil bekas yang sudah tua saja melainkan mobil baru juga harus diberikan perawatan secara berkala dengan baik dan benar, untuk semua jenis denan mesin bertransmisi otomatis atau matik dan mesin bertransmisi manual, berikut tips merawat mesin mobil agar selalu dalam kondisi prima:

  1. Ganti oli secara berkala

Kinerja semua mesin sangat dipengaruhi oleh perawatan oli yang berkala, karna oli sangat menunjang sebagai pelumas. Untuk selalu menjaga kondisi mesin mobil agar selalu dalam kondisi prima, maka oli mobil selayaknya harus diganti sesuai dengan waktu dan berkala, tentunya mengikuti prosedur standar yang sudah ditentukan oleh masing-masing pabrikan. Sejatinya waktu penggantian oli yaitu setelah kendaraan menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km.

Bukan hanya pergantian oli secara berkala, melainkan pemilihan oli yang sesuai dengan standar kebutuhan mesin mobil juga sangat menunjang kesehatan mesin, karna dapat menghindari terjadinya panas yang berlebih pada mesin mobil.

  1. Cek cairan radiator atau coolant

Fungsi dari air radiator sangatlah penting yaitu sebagai penetralisir panas pada mesin mobil ketika perjalanan jauh. Bayangkan saja jika air radiator dalam kondisi yang kosong kemungkinan besar akan menimbulkan kerusakan pada mesin dan juga mengancam keselamatan pengemudi. Karna akan menimbulkan panas yang overheat pada mesin. Oleh sebab itu periksalah air radiator pada mobil anda secara berkala.

  1. Bersihkan filter karburasi

Salah satu kendala mengapa mesin mobil sangat susah dihidupkan antara lain adalah saringan karburasi filter mobil yang kotor. Bersihkanlah dengan menggunakan sikat gigi pada bagian filter yang sudah banyak kotoran yang menempel. Jangan menggunakan hairdryer atau compressor untuk membersihkan filer karburasi karna ini akan berdampak pada rusaknya lapisan filter karburasi.

  1. Pacu mobil anda dengan kecepatan tinggi

Ketika mesin mobil digunakan dalam waktu yang lama pastinya akan meninggalkan kerak pada beberapa bagian mesin. Cara membersihkannya pun tidak sulit yaitu dengan cara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi agar dapat membersihkan kerak melalui knalpot yang terdapat pada mesin. Akan tetapi anda harus memperhatikan kondisi jalan ketika anda memacu dengan kecepatan tinggi.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.