Ini Alasan Diciptakannya Mobil Matik

Mobil bertransmisi otomatis atau matik kini banyak diminati kalangan masyarakat. Mobil matik dipilih dikarnakan memiliki berbagai perbedaan menarik jika dibandingkan dengan mobil transmisi manual. Berangkat dari hal tersebut tidak heran lagi jika 10 tahun belakangan ini jumlah populasi mengguna mobil matik terus bertamban dan akan terus bertambah.

Sehingga banyak pabrikan otomotif yang lebih memberikan banyak varian berjenis matik, sesuai keinginan konsumen. Lalu sesungguhnya apa tujuan utama diciptakan mobil bertransmisi otomatis tersebut?

Sebagaimana yang diberitakan oleh situs resmi Toyota, sesungguhnya dicuptakannya mobil bertansmisi otomatis itu sam halnya dengan diciptakannya yang bertransmisi manual. Hal tersebut juga didorong dengan ditemukannya kemacetan dikota-kota besa disejumlah Negara bersar atau kecil. Dikarnakan mobil denan transmisi manual membuat lelah ketika terjebak kemacaran, maka timbulah ide untuk mencari solusi agar meminimalisir pengoprasian mobil dan lahirlah kendaraan bertransmisi otomatis.

Yang penggunaannya lebih simpel dibanding dengan yang manual, tinggal injak pedal gas dan rem saja sudah bisa berjalan dengan sempurna.

Dengan menggunakan transmisi otomatis penggunaannya lebih simpel selain itu juga peran transmisi otomatis sendiri menyediakan berbagai macam rentang kecepatan yang diinginkan mulai dari yang low, medium dan fast.

Jika sistem transmisi manual akan mendapatkan rentang tenaga serta putaran mesin yang terbatas dari mesin sedangkan transmisi otomatis tidak terdapat gigi sehingga kecepatan mobil matik tentu tidak akan dibatasi pada satu rentang tenaga saja.

Ketika mengendarai mobil jenis transmisi manual menggunakan gigi dua saja maka akselarasi mobil akan berkurang ketika mencapai batas dari putaran mesin. Yaitu ketika jarum RPM akan berada pada garis merah dan mobil tersebut akan berat untuk menambah kecepatan karna itulah batasannya.

Bila diberikan gigi transmisi, pengemudi mobil bisa memindahkan gigi transmisi yang memiliki rasio gigi yang berbeda-beda. Hal ini tentu akan lebih memudahkan pengemudi untuk mendapatkan kecepatan yang diinginkan tanpa harus melebihi dari kemampuan putaran mesin.

jika anda amati perbedaan atara transmisi otomatis dengan yang manual pasti akan mencolok sekali yaitu pada pedal kopling dan tuas untuk perpindahan gigi yang tidak akan ditemukan pada transmisi otomatis.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.