Ingin Karet Wiper Berusia Panjang? Ini Dia Rahasianya!

Keberadaan wiper bagi mobil adalah sangat penting. Memang sih, jika seperti musim kering dan jarang hujan seperti sekarang, sepertinya fungsi wiper tidak begitu berguna karena jarang digunakan. Wiper justru akan sangat berguna ketika datang musim hujan.

Coba bayangkan, seandainya pada saat musim hujan, lalu saat berkendara tiba-tiba hujan menerpa mobil di jalan. Nah, saat itulah wiper akan membantu pandangan sopir agar dapat tembus jelas memandang jalan di depan. Karena fungsi wiper yang akan menyapu air yang menempel di kaca depan mobil.

Nah, jika saat itu wiper ngadat. Apa yang akan terjadi? Tentunya pandangan sopir akan terhalang dan ini bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jadi, sangat penting khan fungsi wiper itu?

Rahasia Karet Wiper Berusia Panjang

Mau tahu rahasianya agar karet wiper awet atau bisa berusia panjang? Ini dia hal-hal yang bisa Anda lakukan:

Pertama: Saat parkir di bawah terik matahari, jangan biarkan karet wiper menempel di kaca. Jika tetap dibiarkan menempel di kaca, maka panas yang timbul akibat kaca yang terkena panas matahari akan membuat karet wiper menjadi keras dan getas. Jika sudah begitu, maka fungsi wiper menjadi tidak maksimal lagi. Tidak hanya itu, dengan karet yang keras itu, bisa jadi malah akan membuat gores pada kaca.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan dengan wiper saat mobil parkir di bawah terik matahari. Cara pertama adalah dengan cara mengangkat atau mendirikan wiper. Dengan begitu, maka karet wiper tidak akan terkena panas akibat menempel di kaca. Cara kedua adalah dengan meletakkan selembar kertas tebal, karton misalnya, di sela-sela antara karet wiper dan kaca mobil. Cara ini juga bisa menghindari panas berlebih pada karet wiper.

Kedua: Gunakan cairan khusus yaitu wiper fluid. Cairan ini lebih licin dibandingkan air biasa. Maka, jika ia disemprotkan ke kaca, maka sapuan karet wiper akan lebih lancar dan tidak seret. Hal ini akan mampu memperpanjang usia karet wiper.

Ketiga: Jika memang karet wiper sudah keras dan malah membuat rusak berupa baret pada kaca, maka tidak ada pilihan lain kecuali pakai teknik lem biru alias lempar dan beli yang baru 🙂

 

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.