Ingat! SIM Tidak Bisa Diperpanjang Lagi Jika Masa Berlaku Habis

Surat Ijin Mengemudi atau yang biasa dikenal dengan singkatan SIM adalah salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang mengemudikan kendaraan bermotor. Tanpa SIM, maka hal itu adalah sebuah pelanggaran hukum, yang dengannya, yang bersangkutan bisa dikenai tindak pidana.

Untuk itu, pastikan sebelum berkendara, bahwa SIM Anda masih aktif alias masa berlakunya belum habis. Lalu bagaimana jika masa berlakunya habis? Ya diperpanjang agar tidak merepotkan di kemudian hari.

Nah, berbicara tentang perpanjangan SIM, sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/985/IV/2016 kepada para Kapolda, bahwa aturan mengenai perpanjangan SIM harus dilakukan saat masa berlakunya belum habis. Jadi tidak menunggu masa berlaku habis baru mengurus perpanjangan SIM. Hal ini sebenarnya sudah diatur sejak tahun 2012 yang lalu.

Saat itu Kapolri mengeluarkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012 tentang SIM. Dalam Pasal 28 Ayat (2) disebutkan, “Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir.” Lalu pada Ayat (3) dilanjutkan, “Perpanjangan yang dilakukan setelah lewat waktu, sebagaimana dimaksud pada Ayat (2), harus diajukan SIM baru sesuai dengan golongan yang dimiliki dengan memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27.” Adapun persyaratan yang dimaksud dalam Pasal 27 adalah mengisi formulir pengajuan SIM dan lokasinya sesuai domisili yang terdaftar dalam kartu tanda penduduk bagi WNI.

Hanya saja, aturan ini tidak langsung diberlakukan saat itu juga. Misalnya, pada 18 Desember 2015, terbit Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2652/XII/2015. Surat itu berbunyi: SIM yang masa berlakunya habis dapat diperpanjang dengan tidak melebihi waktu tenggang perpanjangan selama satu tahun dan diberikan waktu tenggang sampai 31 Maret 2016.

Selanjutnya, mulai 1 April 2016, masa tenggang perpanjangan SIM diperpendek menjadi tiga bulan. Namun dengan terbitnya Surat Telegram Kapolri, ST/985/IV/2016, yakni pada 20 April 2016, maka aturan baru pun diberlakukan, yaitu pengurusan perpanjangan SIM harus dilakukan sebelum masa berlaku SIM habis.

So, coba cek masa berlaku SIM-mu, segera urus perpanjangan jika sudah mau habis masa berlakunya. Jangan tunggu telat. Jika sampai telat, maka Anda harus membuat SIM sebagaimana mengurus SIM baru.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.