Hindari Main Gadget Sambil Nyetir

Masih sering ditemukan orang berkendara sambil bermain handphone. Mungkin terlihat sepele perbuatan tersebut, pada hal sangat membehayakan baginya dan kendara an sekitarnya. Kemungkinan mereka belum memahami tata-tertib berkendara yang baik pada jalanan raya, terlebih lagi memang anda masih sering menemukan pengendara yang masih bermain hp.

Akibatnya bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas terjadi dimana-mana, mengendara sambil bernmain handphone bisa membuat lalai pengendara berroda dua atau pengendara beroda empat, atau bahkan kendaraan yang disekelilingnya.

Dan tidak sedikit pengendara meremehkan untuk tidak memberikan tanda bahwa kendaraannya akan menyalip atau berpindah posisi. Sehingga kendaraan yang berada di belakang tidak menyadari hal tersebut yang mengakibatkan kecelakaan antara keduannya bahkan akan melibatkan pengendara yang berada disekelilingnya. Bisa jadi dia tidak sempat memberi tanda karna sudah sibuk dengan handphon yang dia pegang.

Pada tahun ini tingkat kecelakaan di Indonesia masih dibilang tinggi dan belum ada solusi yang efektif untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang semakin meningkat ini. Namun, sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk mentaati semua peratauran berkendara yang telah disepakati, tanpa terkecuali baik dalam keadaan tergesa-gesa atau tidak.

Membuka pesan singkat sampai membalaznya atau menerima panggilan telepon disaat berkendara merupakan perbuatan yang dapat meningkatkan kecelakaan dijalanan. Namun biasanya mereka beralasan bahwa bermain handphone ketika berkendara tidak akan mengakibatkan kecelakaan ketika sudah memakai handsfree sehingga tidak mengganggu tangan ketika menyetir.

Aslinya bukan sekedar cara cerdik anda menggunakan hp tersebut, melainkan ketika anda bermain hp pasti dapat memecah konsentrasi anda pada jalan ketika anda membuka pesan atau menjawab telepon. Ketika anda masih dalam posisi berkendara kemudian anda membalas sms atau menjawab telepon pasti otak anda akan berfikir keras, melakukan dua pekerjaan dalam sekaligus, yaitu selain anda harus tetap berkonsentrasi pada jalan anda juga harus tetap berkonsentrasi pada percakapan anda, sedangkan tidak ada yang menjamin bahwa keadaan di jalanan selalu aman dan bersahabat.

Konsentrasi pada percakapan di hp pasti lebih dominan ketika itu memang sangat penting yang mencangkup masalah pribadi atau bisnis, mungkin bisa saja anda terbawa emosi dalam percakapan yang membuat anda tidak konsen dalam berkendara.

Jika memang itu dirasa sangat penting maka seharusnya anda menepi ditempat yang aman kemudian baru menjawabnya. Aslinya bukan hanya sekedar hp saja, melainkan konsentrasi anda pada jalanan yang menuntut anda harus tetap fokus pada jala. Tidak ada yang tau datangnya kecelakaan dan keadaan juga tidak bisa menentukan akan terjadinya kecelakaan.

Sudah semestinya anda mentaati semua peraturan lalu lintas baik itu perlengkapan keamanan maupun rambu-rambu lalu lintas. Jangan sampai tingkah anda menyebabkan pengendara lain kecelakaan dan terluka. Anda juga harus bijak dalam berkendara selalu memantau kondisi ketika ingin berpindah posisi serta jangan menggunakan handphon ketika berkendara.

Utamakan keselamatan, bersabar sedikitlah kitak anda ingin bermain handphon, tanpa anda sadari banyak hal yang terselamatkan ketika anda mentaati semua peraturan lalu lintas, terutama bermain handphon.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.