Harga Yang Hampir Sama, Honda BR-V Ancam Singkirkan Honda Jazz?

PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja merilis salah satu mobil terbarunya yang bersegmen small SUV yakni Honda BR-V untuk masyarakat Indonesia. Dengan dibandrol kisaran harga yang mencapai nominal Rp. 200 jutaan, merupakan hal yang cukup dilematis untuk para konsumen. Karena dengan budget sekian, Honda BR-V dapat mengancam keberadaan Honda Jazz meskipun secara segmentasi pasar, kedua mobil ini memang jelas berbeda.

Ketika ditanyakan perihal potensi Honda BR-V akan mengancam pangsa pasar Honda Jazz, pihak HPM sendiri tidak menampiknya, namun juga tidak serta merta mendukung statement tersebut. Seperti yang dikutip dari laman Otosia pada hari Senin 7 Desember 2015, Jonfis Fandy mengatakan bahwa, Makan Jazz ? menurut saya kemungkinan ini terjadi pasti ada. namun sedikit.

Apabila kita melihat kisaran harga antara satu varian dengan varian lainnya untuk mobil Honda, memang terpaut cukup tipis. Hanya sekedar contoh, pada saat ini Honda BR-V transmisi manual dipasarkan dengan harga mulai Rp. 226,5 jutaan. Sedangkan untuk untuk Honda Jazz di jual dengan harga mulai dari Rp. 206 jutaan untuk type A yang betransmisi manual. Harga tersebut lagi-lagi berselisih cukup tipis dengan harga mobil Honda HR-V yang saat ini di bandrol dengan harga Rp. 249 jutaan untuk type 1.5 liter yang bertransmisi manual. Memang sekilas jelas terlihat harga untuk masing-masing varian memang tidak berselisih terlampau jauh.

Lantas tidak meskipun tidak menampik akan adanya ‘kanibalisme’ antara satu varian dengan varian lain, HPM tetap memberikan kesimpulan apabila antara satu mobil dengan mobil lainnya, sudah memiliki peminat sendiri-sendiri. Hingga saat ini bahkan peminat Honda Jazz masih tetap tinggi, sedangkan penjualan Honda BR-V juga semakin meningkat sejalan dengan pemberitahuan mobil ini di berbagai media. Lalu semantara itu untuk Honda HR-V juga masih mencatat angka penjualan yang cukuk konsisten di kelasnya.

Jonfis juga mengakatan bahwa Lalu buktinya apa? Kami yakin bahwa Honda Jazz ini tidak termakan karena apabila kita melihat catatan empat bulan ke belakang Jazz malah meningkat. Honda Hr-V juga meningkat, mungkin sekarang pesanannya sudah mencapai 10.000 unit. Tidak saling pengaruh karena satu 7-seater, satu lagi 5-seater.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.