Harga BBM Turun Pada Tanggal 5 Januari 2016

kenaikan-harga-bbm-disambut-aksi-demo-awT

Bintangotomotif.com – Saat ini yang menjadi topik hangat untuk di bicarakan adalah tentang pemerintah Indonesia yang sudah memastikan akan menurunkan kembali harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan premium di tahun 2016  setelah melihat kondisi rupiah mulai membaik dan juga harga minyak dunia yang ikut turun. Tapi keputusan ini akan berlaku pada tanggal 5 Januari 2015 yang akan datang. Selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral  (EDM), Sudirman Said mengtakan jika untuk BBM dengan jenis premium akan di bandrol dengan harga Rp. 7.150 dari harga Rp. 7.300. Sementara itu untuk jenis solar turun menjadi Rp. 5.650dari harga yang sebelumnya mencapai p. 6.700.

Berarti penurunan yang terjadi pada jenis premium sebanyak Rp. 150 dan pada jenis solar akan turun Rp. 50. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ini juga menambahkan jika alasan mengapa penurunan BBM baru berlaku 5 Januari dan bukan pada pembukaan tahun 2016 ini dikarenakan dua hal yang harus dipertimbangkan pemerintah. Berikut alasannya :

Pertama, pemerintah ingin memberikan kesempatan kepada distributor BBM untuk menghabiskan stok bahan bakar yang ada dengan harga yang lama, hl ini dilakukan agar penjual tidak merasa dirugikan dengan peraturan baru ini.

Kedua, karena pihak Pertamina sedang melakukan migrasi sistem sehingga perlu ada waktu untuk transmisi. Ya, berlakunya tidak persis 1 Januari 2016, jadi, berapa pun harga yang diputuskan, akan berlaku mulai 5 Januari 2016,” ujar Sudirman.

Memang harga bahan bakar memang menjadi permasalah tersendiri untuk masyarakat Indonesia karena secara otomatis juga akan sangat berpengauh pada roda perekonomian untuk masyarakat Indonesia. Untuk itu para pelaku industri otomotif juga jelas perubahan Harga pada Bahan Bakar ini  sangat menetukan dalam hal jumlah penjualan. Seperti yang terjadi pada awal tahun 2015 yang lalu ketika pemerintah melakukan secara berulang – ulang pada harga hanya dalam watu tiga bulan, masyarakat juga menjadi enggan untuk membeli kendaraan bermotor baru karena di waktu bersamaan harga kebutuhan pokok sedang naik turun. Belum lagi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar yang ikut menjadi alasan dalam menentukan harga sebuah barang.

Dengan turunnya harga bahan bakar minyak di Tahun 2016 yang akan datang ini sangat berdampak pada bahan pokok untuk masyarakat dengan harga bahan pokok yang akan turun mengikuti harga bahan bakar yang turun, bukan hanya pada bahan pokok saja yang akan mendapat pengaruh besar pada pasar otomotif yang ada di Indonesia juga di prediksi akan mendapatkan dampak yang baik pula dengan turunnya harga bahan pokok minta masyarakat untuk memebeli kendaraan bermotor juga akan meningkat sehingga penjualan kendaraan bermotor yang beroda empat maupun roda dua pada tahun 2016 yang akan datang ini juga akan semakin meningkat.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.