Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum melakukan Touring

Touring-Motor

BintangOtomotif.com – Touring memang merupakan suatu aktifitas perjalanan yang cukup panjang untuk menuju suatu tempat tujuan menggunakan kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil. Touring juga merupakan aktivitas yang cukup digemari oleh semua kalangan bikers yang memang menyukai petualangan. Banyak manfaat yang bisa diperole dari aktivitas yang biasanya dilakukan bersama teman maupun komunitas ini salah satunya adalah bisa menghilangkan rasa penat dari aktivitas sehari – hari yang memang menguras pikiran dan tenaga. Suguhan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan dan tempat tujuan yang indah tentu akan sedikit menghilangkan rasa lelah saat mengendarai sepeda motor.

Namun ada satu hal yang memang sering menjadi sorotan yakni beberapa insiden dijalan yang sering terjadi ketika para bikers sedang melakukan aktivitas yang satu ini. Sebelum kalian para bikers melakukan touring sebaiknya benar – benar mempersiapkan dan memperhatikan segala sesuatunya terutama si kuda besi tunggangan kalian para bikers. Kehadiran para kawan atau komunitas saat melakukan touring ini bisa menjadi kenyamanan para pengendara karena ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, akan ada anggota lain yang akan senantiasa membantu.

Beberapa yang harus diperhatikan ketika sebelum berangkat touring tentunya para bikers harus sudah mempersiapkan segalanya dengan matang baik untuk diri sendiri maupun kendaraan yang akan ditunggangi. Persiapan yang harus dilakukan mulai dari persiapan fisik, sebelum melakukan touring para bikers diharuskan untuk menjaga kesehatan badan agar tetap sehat dan fit saat berkendara. Bikers dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas yang berat dan yang pasti tidak tidur larut malam yang dapat menimbulkan efek kantuk saat berkendara. dan yang tidak kalah pentingnya demi menjaga kesehatan tubuh saat dalam perjalanan para bikers diwajibkan menggunakan kelengkapan yang harus digunakan dalam berkendara seperti helm, jaket, sepatu, pelindung siku, dengkul dan lain sebagainya. Semakin lengkap wear pack yang digunakan maka akan semakin rendah resiko terjadinya cedera fatal saat terjadi kejadian yang tidak diinginkan.Setelah sudah menyiapkan kelengkapan berkendara para bikers diharuskan juga agar berwaspada ketika berkendara dan selalu mengutamakan Safety Riding.

Baca Juga Tips Berkendara Aman lainnya :

Selain itu semua biker juga harus benar – benar memastikan motor yang akan dikenadarai berada dalam kondisi prima atau siap tempur. beberapa bagian yang harus dicek sebelum berkendara adalah kondisi mesin, ban, rantai, rem, lampu depan, lampu belakang, lampu sein, oli dan bagian penting lainnya. jika kendaraan yang akan dipakai dirasa tidak memberikan fungsi yang seharunya maka segera service dibengkel terpercaya. jangan paksa kendaraan untuk menempuh perjalanan jarak jau karena selain akan merusak kendaraan juga akan sangat membahayakan bagi pengendara. Terakhir tentukan rute perjalanan sebelum melakukan touring dan bawalah uang atau bekal secukupnya jangan terlalu berlebihan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.