Filter Udara Aftermarket Haram untuk Motor Injeksi

Pada era sekarang ini yang kebanyakan motor sudah menggunakan system karburator, sangat mudah untuk meningkatkan performan tunggangannya hanya dengan mengganti filter udara bawaan pabrik dengan jenis open filter. Maksudnya yaitu supaya pasokan udara lebih banyak mengimbangi debit bensin yang bertambah.

Head Outlet TDR, Yudo Handoko tidak menyarankan untuk pemakaian open filter tersebut pada motor dengan teknologi injeksi, terlebih lagi digunakan untuk sehari-hari. Karna Filter dengan karakter flow malah berpotensi mengganggu kinerja sistem injektor.

“Kami menyarankan untuk motor injeksi tetap memakai filter biasa saja. Karna filter racing tidak dianjurkan untuk digunakan motor jenis injeksi karna lebih kotor di throttle body,” jelas Yudo.

Dia juga menjeskan bahwa fungsi dari filter udara pada motor injeksi idealnya memang khusus digunakan disirkut balapan. Sementara itu pemasangan di karbulator lebih aman jika hanya dipakai untuk harian saja, karena komponen ini butuh udara yang lebih besar.

“Air filter untuk karburator yang butuh udara lebih besar. Penggunaan untuk balap (pada motor injeksi) boleh yang flow, tapi penggunaannya bukan untuk harian,” tuturnya.

Memang saat ini bertunggangan dengan kendaraan yang sporty dan lincah dapat membuat percaya diri pengendara. Karna hal tersebut sudah menjadi stile anak muda jaman sekarang. Akan tetapi alangkah baiknya jangan sampai anda tergitu dengan hal yang seperti itu, jika memang hal tersbut dapat merusak kendaraan kesayangan anda.

Jika kendaraan anda mengalami kerusakan yang tidak diinginkan pastinya akan menguras keras kantong anda.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.