Efek Buruk Jika Tangki Kendaraan Dibiarkan Sering Kosong

BINTANGOTOMOTIF.COM – Untuk mempergunakan kendaraan yang Anda sayangi dan Anda gunakan untuk beraktifitas, perlakuan yang umum dan special haruslah dilakukan. Hal tersebut terkait dengan perawatan dan juga maintenance dalam menjaga performa kendaraan tersebut. Tidak terkecuali dalam menjaga tangki bensin agar terisi oleh bahan bakar.

Suatu ketika seringkali kendaraan bermotor ditinggalkan selama beberapa waktu dengan keadaan tangki bahan bakar kosong. Adakalanya ditinggal karena keperluan luar kota ataupun motor sama sekali tidak terpakai.

tangki motor bocor,tangki motor,tangki motor berkarat,penyebab tangki motor berkarat,tangki motor kotor,tangki motor karatan

Penggunaan yang rutin dan tangki yang selalu terisi bahan bakar sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat dalam menjaga keadaan motor agar selalu terawatt dan dalam keadaan yang baik. Tetapi sebaliknya jika tangki sering dibiarkan dalam keadaan kosong, beriku efek buruk yang dapat ditimbulkan :

  1. Korosi

Ketika tangki dibiarkan dalam keadaan kosong, maka udara akan masuk ke dalam tangki yang mengisi ruang kosong tersebut, secara otomatis preses oksidasi akan terjadi dan lama kelamaan akan menimbulkan bercak keras yang disebut dengan karat.

Karat yang telah muncul di dalam tangki sebenarnya tidak akan bertahan lama ketika tangki diisi dengan bahan bakar kembali, tetapi jika tangki dibiarkan kosong secara terus menerus kemungkinan besar karat akan menyebar ke seluruh tangki yang tidak terkena bahan bakar.

  1. Endapan

Setelah terjadi korosi / karat dalam tangki motor, biasanya aka nada bahan bakar yang mengendap, terutama bahan bakar yang mengandung timbale. Bahan bakar tersebut bias meninggalkan endapan berupa kotoran berupa serbuk kecil dan jika dibiarkan berlarut-larut akan menggunung dan semakin banyak.

Dengan adanya endapan di dalam tangki, sebenarnya bisa menyumbat saluran bahan bakar yang dialirkan dari tangki ke mesin. Dengan sumbatan tersebut maka seringkali kendaraan bermotor akan mengalami mogok saat dipergunakan.

  1. Fuel Pump

Fuel Pump inilah yang biasanya menjadi salah satu akibat dari terjadinya endapan di dalam tangki bensin. Jika fuel pump ini telah terisi dengan endapan dari hasil timbal bahan bakar tersebut maka saluran bahan bakar dari tangki ke bensin tidak akan lancar.

  1. Pengapian

Dari kerusakan fuel pump karena sumbatan endapan kotoran, maka system pengapian dari motor tersebut nantinya akan terganggu, pengapian yang terjadi pada mesin kendaraan ini adalah krburator dan injeksi. Dengan pengapian, bahan bakar akan diubah menjadi uap yang akan memberikan power pada kendaraan bermotor Anda. Jika pengapian tidak stabil, maka laju kendaraan Anda juga akan terganggu.

  1. Boros

Dengan keadaan tangki yang berkarat dan endapan dalam tangki kendaraan bermotor Anda, maka efek yang ditimbulkan selanjutnya adalah boros. Konsumsi bahan bakar akan terbuang sia-sia karena sistem yang dijalankan dalam kendaraan Anda tidak dapat berjalan dengan normal.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.