Crash Box; Aplikasi Buatan Anak Bangsa Ini Mampu Kurangi Luka-Luka Saat Lakalantas

Satu lagi karya anak bangsa yang membanggakan. Sebuah teknologi bernama Crash Box ini sukses dibuat yang berfungsi mengurangi potensi luka-luka saat kecelakaan lalu lintas.

Crash Box ini merupakan teknologi rancangan tim peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB). Crash Box berbentuk kolom rangka yang berfungsi mengurangi risiko pengemudi atau penumpang mobil saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Alat ini bisa menurunkan risiko cedera yang dialami pengemudi atau penumpang saat kecelakaan antara 50-60 persen,” kata Kepala Divisi Inkubator Industri dan Bisnis ITB Sigit P Santosa, di Aula Timur Institut Teknologi Bandung, seperti dilansir Antara (20/9).

Ia mengatakan bahwa alat tersebut adalah pengembangan penelitian lanjutan yang dilakukan oleh peneliti ITB tentang kelayakan tabrak kendaraan bermotor.

“Jadi bagaimana kita mendesain sebuah struktur yang bisa menyerap energi tabrakan sehingga tidak ditransmisikan ke penumpang, hancurnya di depan, dengan cara desain struktur,” ujarnya lebih lanjut.

Sigit juga menjelaskan pembuatan kolom rangka crash box ini akan membuat bagian depan mobil/kendaraan bermotor dapat berlipat secara berturut sehingga mengurangi energi tabrak. “Dan ‘crash box’ ini dipasang di sisi kiri kanan dalam di antara bemper depan dan mesin mobil,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, crash box ini juga bisa dipasang di moda transportasi selain kendaraan roda empat yakni kereta dan pesawat terbang.

Menurutnya, saat ini crash box tersebut sudah ditawarkan kepada pelaku industri otomotif di Indonesia. “Dan respon mereka bagus terhadap alat ini,” kata dia.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.