Cara Tune Up Mobil yang Baik dan Alat yang Dibutuhkan

Komponen ringan, penyetelan, pemeriksaan,dan servis ringan lainnya pada mobil disebut dengan tune up. Tune up mobil ini hanya mencakup servis mesin mobil, tidak termasuk chasis, kelistrikan, dan pemindahan daya. Meski begitu, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara tune up mobil.

Berdasarkan pengertian tune up sebelumnya, bisa kita simpulkan jika dalam melakukan tune up mobil, Anda harus mengerti apa saja yang harus dipersiapkan. Baru setelah alat untuk tune up mobil lengkap, Anda dapat mempelajari lebih lanjut bagaimana cara tune up mobil.

Alat-Alat yang Digunakan Sebelum Tune Up Mobil

Mengetahui alat yang akan digunakan sebelum melakukan tune up mobil memang sangat penting. Adapun alat yang harus ada dan nantinya digunakan dalam tune up mobil adalah sebagai berikut.

  • Hidrometer
  • Multitester
  • Tachometer
  • Fuller Gauge
  • Timing Light
  • Kunci Pas Ring
  • Tester Kompresi
  • Obeng negatif ( – ) dan obeng positif ( + )

Cara yang Baik untuk Tune Up Mobil

Cara untuk melakukan tune up mobil ini memiliki beberapa langkah. Langkah-langkah tune up mobil Avanza dan yang lainnya tersebut di antaranya adalah:

1. Periksa Sistem Pendinginan Mobil

Sistem pendingin mobil yang sebaiknya Anda periksa di antaranya seperti klem selang, selang radiator, serta cara kerja tutup radiator. Anda dapat memeriksa komponen tune up mobil tersebut dengan memakai alat tester tutup radiator.

2. Periksa Tegangan Kedudukan Vakum dan Air Pendingin

Selain itu, periksa juga tegangan kedudukan vakum dan pegas yang ada di tutup radiator. Jika terjadi kerusakan tutup, klem, maupun selang radiator, segera ganti dengan yang baru.

Jangan lupa juga memeriksa tinggi air pendinginan pada tangki cadangan. Ganti jika warnanya kotor. Jika belum mencapai ketinggian batas normal, Anda dapat mengisinya kembali sampai cukup.

3. Periksa Saringan Udara atau Air Filter

Selanjutnya yaitu memeriksa saringan udara dan juga air filter. Anda dapat memeriksanya dengan cara membuka elemen saringan udara dan membersihkannya dengan menggunakan udara bertekanan.

Pembersihan menggunakan udara atau angin ini dilakukan dari bagian dalam. Apabila elemen ini sulit untuk dibersihkan, terlalu kotor, atau rusak, segera ganti dengan komponen yang baru.

4. Tak Lupa Memeriksa Tali Kipas

Lakukan juga pemeriksaan komponen engine pada bagian tali kipas, mulai dari kehausan, keretakan, dan ketegangan. Selain itu, periksa juga kelenturan tali kipas dengan bantuan tegangan. Ganti komponen dengan yang baru apabila diperlukan. Jangan lupa untuk memastikan tali kipas terpasang dengan baik.

Baca Juga : Cara Mengganti Oli Power Steering Mobil dengan Mudah

5. Periksa Baterai (ACCU)

Pemeriksaan baterai ACCU ini dilakukan dengan melihat berbagai sisi. Cek apakah terjadi perkaratan atau tidak. Selanjutnya, periksa batas air ACCU dan isi kembali apabila air ACCU lebih rendah dari batas normal.

6. Periksa Busi Kendaraan

Untuk memeriksa busi kendaraan, lepaskan busi dari tempatnya terlebih dahulu. Baru kemudian diperiksa kondisinya. Bersihkan menggunakan amplas pada bagian celah busi menggunakan cairan carbon cleaner dan jangan lupa untuk mengganti komponen ini secara rutin.

7. Bersihkan Ruang Bakar pada Kendaraan

Cara tune up mobil Jazz berikutnya yaitu dengan membersihkan ruang bakar pada kendaraan ini bertujuan agar terbebas dari kerak dari dalam ruang bakar. Nah, proses tune up ini dilakukan agar performa pembakaran kendaraan semakin maksimal.

8. Cek Kesehatan Koneksi Kabel Kendaraan

Tahukah Anda jika hanya masalah soket kabel kurang kencang dapat menimbulkan masalah mesin yang sulit dideteksi? Maka dari itu, selalu periksa kabel dan saluran-salurannya pada cover mesin.

9. Perkisa ISC

ISC adalah sebuah komponen penting dalam proses idle speed mesin injeksi. Apabila salah satu komponen ini kotor, kemungkinan RPM mesin jadi naik turun, bahkan mati. Maka dari itu, dalam proses tune up mobil, komponen ini tak luput dari pemeriksaan.

Tune up mobil merupakan sebuah kegiatan yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Dengan tune up ini pula, Anda dapat mengetahui kondisi mobil, sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang lebih parah apabila dilakukan secara rutin.

Untuk melakukan tune mobil, Anda dapat mengikuti cara tune up mobil seperti yang sudah dijelaskan. Sekian dan selamat beraktivitas kembali.

Ruangan komen telah ditutup.