Cara Merawat Ban Berdasarkan Tipe Jalan

BintangOtomotif.Com – Kendaraan bermotor jenis apapun tentu saja selalu memiliki roda yang berfungsi sebagai suatu bagian atau komponen kendaraan yang berfungsi sinergis menggerakkan kendaraan tersebut.

Dengan adanya roda tersebu setiap dari kendaraan dapat berpindah dan melaju dengan baik dalam segala medan atau lintasan.

Namun hal tersebut juga yang sering kali membuat roda menjadi tidak berfungsi baik. Setiap roda juga memiliki tipe berdasarkan jenis lintasan yang di lintasi.

Seperti lintasan tanah yang seharusnya menggunakan ban dengan bentuk mata ban yang bergerigi sehingga memudahkan tapak ban agar tidak mudah selip saat bermanufer di jalan becek atau berlumpur.

Sedangkan pada lintasan aspal, ban seperti di atas tentu saja kurang cocok digunakan karena mengurangi stabilitas dan akselerasi kendaraan. Tipe ban yang harus digunakan tentu saja ban yang memiliki karakter berpenampang luas. Hal tersebut membuat mobil anti selip dan mudah berakselerasi di jalan aspal.

Hal di atas merupakan cara menggunakan atau memilih tipe ban yang sesuai dengan lintasan atau medan yang anda lewati. Sedangkan untuk perawatan ban yang bisa dilakukan adalah beberapa perawatan sederhana saja seperti mengecek kondisi angin, menghilangkan kerikil yang selip di antara motif roda, mencuci dan lainnya.

Beberapa perawatan sederhana tersebut diyakini oleh beberapa ahli otomotif dan mekanik roda untuk menjaga roda kendaraan menjadi lebih lama masa pakainya. Namun bisa saja masa pakai juga lebih cepat karena factor lintasan yang dilewati.

Demikianlah beberapa cara singkat dan sederhana dalam merawat ban kendaraan bedasarkan tipe jalan yang di lewati. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.