Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pada Tangki Motor

tangki

BintangOtomotif.com – Saat ini motor sudah bagaikan replika dari manusia. Menjadi hal yang cukup wajar jika memiliki kekurangan dan kerusakan dibeberapa komponennya. Namun bagaimanapun kerusakan komponen – komponen kendaraan pastinya memunculkan kekhawatiran pada para pengendaranya. Contoh dari beberapa kasus kerusakan pada sepeda motor adalah ketika mendapati tangki bahan bakar pada motor telah bocor. Tidak usah khawatir kali ini kami akan berbagi bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Kebocoran yang terjadi pada tangki motor sangatlah mengganggu selain itu akan sangat membahayakan jika bahan bakar yang keluar tersulut oleh api. Mungkin yang sampai saat ini menjadi pertanyaan adalah mengapa tangki motor menjadi bocor ?. Ternyata tangki motor yang bocor penyebabnya adalah hal yang cukup sepele yakni air. Air yang menyelinap masuk ke tangki motor melalui tutup tangki adalah hal yang membuat tangki rawan mengalami kebocoran. Jika air masuk kedalam tangki secara terus menerus maka lama kelamaan air ini akan menjadi banyak dan mengendap di bagian dasar tangki. Lalu pelat tangki motor bagian bawah akan keropos oleh air yang mengendap tadi dan itulah penyebab terjadinya kebocoran.

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya :

Jika kawan – kawan mengalami hal tersebut maka ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk memperbaikinya. Mount Guard Costum yang sehari – hari memproduksi tangki motor menyebutkan bahwa ada beberapa barang sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki tagki motor yang bocor antara lain yang bisa digunakan adalah epoxy, detergen pakaian dan kelereng. Berikut langkah – langkah yang harus dilakukan. Pada step awal lepas tangki motor dari body motor lalu tuang bensin yang tersisa sampai habis. Dalam keadaan tangki yang sudah cukup kering masukkan detergen ke dalam tangki secukupnya setelah itu masukkan air sebanyak setengan tangki lalu masukkan kelereng yang tadi telah disiapkan.

Langkah selanjutnya setelah detergen dan kelerang sudah dimasukkan adalah dengan mengocok tangki sampai sisa – sisa bensin benar – benar hilang. Langkah ini berfungsi untuk menghilangkan kadar bensin yang ada dalam tangki motor secara keseluruhan. Kemudian keringkan tangki tersebut dibawah terik matahari. Jika tangki sudah benar – benar kering maka hal selanjutnya adalah masukkan cairan epoxy yang sudah dicampur dengan hardenernya lalu goyangkan tangki yang sudah berisikan epoxy tadi. Langkah ini berfungsi untuk menutup lubang yang menyebabkan bensin bocor. Setelah cairan merata lalu jangan lupa untuk kembali mengeringkannya dibawah terik matahari. Cara tersebut telihat sederhana namun ternyata epoxy punya ketahanan yang cukup tinggi terhadap bensin Epoxy tidak akan luntur jika terkena bensin dengan syarat kondisinya dalam melapisi tangki dengan epoxy benar – benar dalam keadaan kering. Langkah sederhana ini sudah terbukti membantu mengatasi lubang – lubang yang ada pada tangki. Namun untuk bocor yang sudah telalu kalian bisa langsung saja mengkonsultasikan pada bengkel resmi motor kalian.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.