Cara Mudah Menambah Tenaga Mesin Mobil

Semakin berkembangnya zaman, teknologipun semakin berkembang pesat. Mobil keluaran saat ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, baik itu dari sisi fitur ataupun penampilannya. Sehingga yang ada di benak para masyarakat mahwa mobil jaman sekarang ialah kendaran yang mewah dengan fitur yang sangat lengkap. Hal tersbut sudah dibuktikan dengan fitur GPS, sound system dan keamanan dan kenyamanan yang terjamin.

Akan tetapi untuk mesin tidak semua kendaraan diseting kuat dan cepat, nah pembahasan kali ini akan membahas mengenai bagaimana meningkatkan tenaga mesin pada mobil yang anda miliki. Berikut tips dan cara yang harus dilakukan:

  1. Sistem pangapian harus bagus

Jika anda menginginkan kendaraan yang mempunyai tenaga yang lebih optimal maka anda harus memastikan sistem pengapian pada kendaraan tersebut harus baik. Karna pada kinerja pengapian yang baik yaitu menyangkut pada part atau komponen fitur udara dan pipa udara serta masih banyak lagi.

  1. Sistem pembuangan

Berikutnya yang harus anda pastikan adalah pada mesin mobil. Yang perlu anda lakukan adalah anda harus memperbaiki sistem pembuangan. Sistem pembuangan imisi gas tidak jauh sangkutannya dari masalah kenalpot.  Solusi yang disarankan adalah menggunakan knalpo racing, karna kenalpot tacing akan menambah daya yang dihasilkan oleh mesin.

Karena pada kenalpot recing termasuk dalam jenis free flow, maka jenis knalpot ini pada sekat yang berada dalam silencer lebih sedikit atau bahkan tidak memiliki silencer, hal tersebut berfungsi supaya memperlancar proses pembuangan pada sisa pembakaran, sehingga pada proses pembakaran akan lebih efektif.

Akan tetapi itu ada sisi kelemahannya yaitu knalpot racing akan menghasilkan suara yang lebih bising dan mesin cepat rusak. Hal tersebut dikarnakan tendangan balik daru proses pembuangan lebih tinggi sehingga mengakibatkan part-part yang berada di dalam mesin menjadi cepat aus. Aslinya knalpot racing hanya digunakan pada mobli balap saja untuk meningkatkan performanya.

  1. Menggunakan bahan bakar yang berkualitas

Untuk meningkatkan tenaga pada mesin kendaraan anda maka anda harus menggunakan bahan bakar yang berkualitas juga atau dengan melihat kadar oktan yang terkadung dalam baham bakat tersebut disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Akan tetapi untuk keluaran mobil-mobil baru kali ini disarankan untuk menggunakan partamax atau pertamax plus. Dikarnakan part-part mesin yang dibekali pada mesin mobil kali keluaran baru ini sudah menggunakan teknologi canggih sehingga membutuhkan nilai oktan yang lebih besar sedangkan bahan bakar yang nilai oktannya tinggi adalah bahan bakar jenis partamax.

  1. Perhatikan ban dan berat mobil

Untuk meningkatkan akseletasi pada mobil anda ketika melaju nantinya maka sebaiknya anda menggunakan ban yang mempunyai alut yang sejajar dan lurus. Selain ban yang memiliki alur sejajar anda juga disarankan untuk menggunakan ban yang ukurannya lebih kecil serta vleg yang lebih ringan bobotnya. Hal tersebut bertujuan agar mesin tidak terlalu berat ketika memutar ban.

  1. Setting ulang mesin mobil anda

Pada proses pembakaran anda bisa menseting ulang agar tenaga yang dihasilkan mobil anda lebih efektif serta tenaga yang disalurkan ke bagian mesin lain juga baik. Untuk jenis kendaraan yang masih menggunakan sistem karburator cara mensettingnya dengan cara manual. Akan tetapi untuk jenis kendaraan yang sudah menggunakan sistem injeksi maka cara mensetingnya sudah bisa menggunakan komputer.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.