Cara Mudah Deteksi Kampas Rem Yang Sudah Habis

pada setiap kendaraan bermotor pastinya banyak memiliki komponen yang dapat menghasilkan saran transportasi yang cukup memadai, nyaman dan aman untuk di gunakan sebagai mobilitas sehari-hari. salah satu sistem pengereman yang merupakan komponen penting pada sebuah kendaraan yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan saat berjalan. sistem pengereman memang merupakan faktor yang sangat penting untuk keselamatan saat berkendara. tentunya agar sistem pengereman mampu berjalan dengan baik tentunya di butuhkan dengan perawatan yang baik pula. para pemilik kendaraan juga wajib memperhatikan dan mengenali kondisi rem pada kendaraan mereka. baik itu pada rem cakram maupun rem tromol. lalu bagaimana cara mengetahui komponen pengereman kendaraan yang telah habis?.

cara untuk mengetahui kampas rem yang telah habis adalah denga cara merasakannya. jika saat kita menginjak pedal rem maka laju kendaraan tidak berhenti atau tidak berkurang kecepatannya dengan baik, maka itu wajib segera anda ganti karna apabila jika kita saat mnginjak pedal rem terdengar suara-suara decitan atau gesekan antara dua komponen maka itu bisa di pastikan bahwa kampas rem anda sudah habis.

selanjutnya jika anda merasa kurang yakin dengan kampas rem yang sudah habis anda bisa melakukan pengecekan dengan cara visual atau dengan melihatnya. tentunya cara tersebut dapat dilakukan pada rem cakram saja. namun jika anda masih kurang yakin maka anda dapat berkonsultasi ke bengkel terpercaya anda mengenai kondisi sistem pengereman kendaraan anda.

untuk mengetahui kondisi kampas rem anda bisa melakukan dengan prosos pengamatan secara visual. yakni caranya mendeteksi lewat kondisi velg, apakah kotor atau serbuk halus hitam, serbuk halus hitam itu merupakan sebuk dari kampas rem yang jatuh ke bagian velg mobil anda.

indikasi kampas rem yang telah habis pada kendaraan adalah terdapatnya kotoran serbuk asbes yang mengotori bagian velg atau bagian cakram kendaraan anda. hal itu memang lebih cenderung terlihat pada mobil otau kendaraan roda empat. sedangkan untuk motor sendiri tentunya sangat mudah hilang pasalya mudah tertiup oleh angin saat motor berjalan.

sedangkan untuk sistem rem tromol memang tidak bisa di lihat, karena hanya bisa dirasakan dan jika anda ingin mengetahui apakah kampas rem sudah habis maka anda harus melakukan pembongkaran pada bagian sistem rem tromol tersebut. dan jika kampas rem sudah habis maka anda wajib harus mengganti kampas rem agar sistem pengereman kembali normal dan berfungsi dengan baik.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.