Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet

cvt-mio

BintangOtomotif.com – Di Indonesia saat ini motor matic sudah mulai menjamur baik dikalangan anak muda ataupun masyarakat umum. Namun apakah anda tau bahwa perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga agar kondisi motor agar tetap dalam kondisi terbaiknya meskipun sudah bertahun – tahun digunakan. Kebanyakan para pemilik motor belum mengetahui bagaimana agar bisa menjaga motor tetap dalam kondisi prima. bagi kalian yang memiliki motor matic silahkan simak bagaimana trik – trik untuk merawat motor kalian agar awet mskipun sudah bertahun – tahun.

Cara merawat motor matic pada dasarnya hampir sama dengan perawatan yang dilakukan dengan motor bergigi pada umumnya. Perbedaan yang mendasar hanya berada pada system perputaran roda yang digunakan oleh Motor Matic yang menggunakan Vanbelt sementara motor bergigi mengandalkan rantai dan gear untuk melakukan perputaran roda. Cara perawatan yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Hindari Memuat Barang Berat
Kenapa kita disarankan untuk tidak membawa barang – barang yang memiliki beban cukup berat saat menggunakan motor matic ? Semua ini disebabkan karena kerangka yang dimiliki oleh motor matic memang tidak diperuntukkan untuk memuat beban berat. Membawa barang berat dalam jangka waktu yang lama membuat motor yang anda kendarai harus bekerja lebih berat dari seharusya dan itu semua dapat menyebabkan motor matic anda ceat rusak

2. Panasi Motor Matic Anda Setiap Hari
Sebelum melakukan aktifitas disarankan untuk memanaskan dahulu mesin motor matic yang akan anda gunakan dan jangan lupa biarkan gas dalam posisi langsam selama 2 menit. Semua itu bertujuan agar oli di dalam mesin dapat melumasi semua komponen mesin dengan sempurna. Dan hal yang mungkin jarang diperhatikan orang ketika memanasi motor adalah menstandart ganda motor matic saat mesin dipanaskan. Semua itu dilakukan sebab motor matic berbeda dengan motor bergigi yang membutuhkan perubahan transmisi manual ketika melaju, sementara pada motor matic transmisi berjalan otomatis. Menstandart dua motor matic anda dimaksudkan agar motor matic anda tidak melaju tanpa kendali saat mesin dipanaskan.

3. Kontrol Pengunaan Tuas Gas
Mengontrol tuas gas ketika anda menggunakan motor matic adalah salah satu upaya untuk merawat motor agar lebih awet. membuka dan menutup tuas gas secara tiba – tiba pada motor matic disamping akan menguras konsumsi bahan bakar, hal tersebut juga dapat merusaka kinerja mesin motor anda.

4. Cek Tangki Bahan Bakar
Usahakan selalu memeriksa keadaan tangki bahan bakar. Jangan sampai terjadi kehabisan bahan bakar pda motor matic anda. Karena jika kehabisan bahan bakar dan mogok ditengah jalan itu bisa membuat motor matic anda lebih rentan mengalami kerusakan ada mesinnya.

5. Rajin Ganti Oli
Pada mesin motor matic peran oli jauh lebih besar daripada motor bergigi pada umumnya. Sehingga memang oli mesin pada motor matic lebih cepat mengental dan menghitam daripada motor bergigi pada umumnya. Jika anda biasanya mengganti oli pada motor begigi usai menmpuh jarak 5000 km maka disarankan jika anda menggunakan motor matic lakukan pergantian oli setelah menempuh jarak maksimal 4000 km.

6. Cek Kondisi Roler dan Ventbelt
Perawatan pada rem inilah yang membedakan motor matic dengan motor jenis lain. Roler dan Ventbelt ini adalah dua komponen penting yang berfungsi untuk menggerakan roda pada motor matic sebagai pengganti rantai dan gearset yang biasanya terapat pada motor bergigi. Biasanya Roler dan Ventbelt minta diganti jika anda merasakan tarikan pada motor matic anda kurag bertenaga seperti biasanya jika melaju pada jalan yang menanjak atau selain itu ada tanda lainnya yait terdengar bunyi aneh dalam kotak CVC seperti ada bunyi gesekan antar karet. Jika memang itu terjadi dianjurkan untuk segera melakukan pergantian Roler dan Ventbelt, jangan lupa gunakan spareparts original dan terpercaya agar bisa meminimalisir kerusakan yang akan terjadi pada komponen lainnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.