7 Cara Merawat Mobil Agar Awet dan Selalu Nyaman

Cara merawat mobil yang tepat menjadi salah satu faktor keselamatan berkendara. Selain itu perawatan juga menjadikan kendaraan lebih awet. Serta tentunya nyaman saat digunakan.

Perawatan mobil secara berkala dan rutin memastikan kondisi selalu baik. Baik itu kondisi mesin sampai body mobil. Dengan melakukan perawatan juga menghindari kerusakan. Menjadikan mobil tetap prima walau dikendarai dalam waktu panjang.

Untuk melakukan perawatan kendaraan juga tidak selalu harus ke bengkel. Beberapa cara perawatan mobil justru bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai tips dan juga cara merawat mobil agar awet. Serta pastinya berkendara menjadi aman dan nyaman.

1. Ganti Oli Secara Rutin

Oli merupakan bagian penting dari mobil yang tidak bisa dilewatkan. Pastikan untuk selalu mengganti oli secara rutin dan berkala. Bahkan sebaiknya oli diganti sebelum benar-benar menjadi buruk.

Mengganti oli sebaiknya dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak 5,000 sampai 7,500 KM. Mengganti oli bisa dilakukan sendiri di rumah. Walau sebaiknya dilakukan di bengkel mobil profesional.

2. Perhatikan Kondisi Transmisi Mobil

Agar performa kendaraan tetap prima dan awet saat digunakan, transmisi mobil harus menjadi perhatian. Sebaiknya pastikan memilih transmisi mobil yang tepat. Sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada kendaraan.

Perhatikan juga bagaimana cara penanganan transmisi paling tepat berdasarkan tipe mobil. Baik itu mobil manual maupun otomatis. Pemeriksaan transmisi mobil sebaiknya juga dilakukan secara rutin.

Cara menyetir mobil yang baik dan benar juga akan mempengaruhi kondisi transmisi. Sehingga pastikan selalu mengendarai kendaraan dengan cara yang sesuai.

3. Cek Rem dan Kopling

Keamanan berkendara memang sangat bergantung pada kondisi rem dan kopling mobil. Selalu pastikan kondisi rem serta mobil dalam keadaan terbaik.

Mulai dari mengganti kampas kopling secara berkala sebelum menjadi aus. Serta mengganti minyak rem setiap 20,000 KM sekali. Kondisi rem dan kopling secara keseluruhan juga wajib diperiksa setiap mobil melewati jarak pakai 10,000 sampai 50,000.

Rem yang blong atau perpindahan gigi yang berat menjadi satu pertanda sudah waktunya untuk mengecek kondisi kopling.

4. Ganti Air Radiator Secara Berkala

Kesalahan perawatan mesin mobil sering dilakukan saat mengganti air radiator. Banyak pengendara mobil yang menunggu sampai air radiator benar-benar habis sebelum mengganti. Selain itu kualitas dan kebersihan air radiator juga tidak diperhatikan.

Air radiator sebaiknya diganti secara rutin demi performa terbaik saat berkendara. Pastikan juga menggunakan air radiator bersih, tidak ada kotoran. Serta kualitas air terbaik.

Sebaiknya hindari menggunakan air biasa atau mineral untuk radiator.

Baca Juga : 8 Faktor Penyebab Air Radiator Cepat Habis

5. Kondisi Daya Aki

Satu lagi bagian dari mobil yang sering luput dalam perawatan. Aki mobil akan sangat berpengaruh ketika berkendara. Tidak ingin bukan mengalami aki mobil mati saat sedang menyetir di malam hari, misalnya?

Aki mobil seharusnya selalu dalam keadaan prima. Untuk perawatan kondisi aki bisa melalui pengecekan tegangan dengan voltmeter. Air aki juga seharusnya selalu pada level yang seharusnya. Tepatnya, pastikan air aki berada di antara batas penanda.

6. Periksa Kabel dan Lampu Mobil

Kenyamanan berkendara juga akan sangat dipengaruhi dengan lampu mobil. Sudah pasti tidak akan ingin mengalami kerusakan lampu mobil secara tiba-tiba.

Ketika merawat kondisi mobil, pastikan lampu benar-benar dalam keadaan terbaik. Baik itu head lamp sampai lampu sein.

Selain itu pastikan juga kondisi kabel. Seharusnya tidak ada kabel yang terkelupas, aus, atau malah lepas.

7. Cuci Mobil Secara Menyeluruh

Performa terbaik saat berkendara bukan hanya tentang mesin. Melainkan juga kebersihan mobil. Mobil yang bersih dan rutin dicuci juga sudah tentu akan lebih awet. Kotoran yang menempel di body atau mesin mobil bisa menyebabkan karat.

Perawatan body mobil satu ini memang sebaiknya dilakukan secara menyeluruh. Ini berarti mencuci nyaris ke semua bagian mobil. Termasuk juga dalam kabin.

Perawatan mobil terbaik akan menjamin kondisi dan performa saat berkendara. Selain itu juga memastikan keamanan dan kenyamanan. Serta menjadikan mobil lebih awet.

Cara merawat mobil seperti di atas juga sangat mudah. Bisa dilakukan sendiri di rumah. Walau begitu juga pastikan melakukan service mobil rutin di bengkel kesayangan setiap bulannya. Demi mendapatkan layanan perawatan menyeluruh.

Ruangan komen telah ditutup.