6 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot yang Mudah dan Murah

Bagi para pemilik motor, kita kerap kali dihadapkan pada problema knalpot yang berkarat. Nah, knalpot yang berkarat tak hanya membuat tampilannya menjadi jelek, tetapi juga mempengaruhi performanya. Untuk itu, mau tidak mau Anda harus merawatnya dengan berbagai cara menghilangkan karat pada knalpot.

Knalpot yang berkarat umumnya disebabkan karena adanya komponen yang mengalami perubahan suhu dengan cepat. Bagian knalpot yang berkarat ini biasanya terletak pada leher knalpot. Untuk menghilangkan bagian knalpot yang berkarat tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut ini.

1. Memanfaatkan Oli Bekas

Salah satu cara menghilangkan karat pada knalpot yaitu dengan memberinya oli bekas. Jadi, saat Anda mengganti oli motor, jangan buang oli bekasnya. Oli bekas tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan karat yang menempel pada leher knalpot.

Cara menghilangkan karat pada knalpot dengan oli bekas ini terbilang cukup mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Bahkan, Anda tidak perlu melepas knalpot pada saat proses pembersihannya. Anda hanya perlu menyalakan motor terlebih dahulu hingga panas. Kemudian, oleskan oli bekas pada area yang berkarat.

2. Menggunakan Oli Gemuk

Oli gemuk atau yang biasa disebut juga dengan istilah stempet juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan karat pada motor. Penggunaan cara ini juga terbilang sangat mudah, tak berbeda jauh dengan cara menghilangkan karat dengan menggunakan oli bekas.

Pertama-tama, panaskan terlebih dahulu mesin motor. Saat dalam kondisi panas, barulah Anda bisa mengolesnya dengan menggunakan oli gemuk. Oli gemuk yang panas ini akan meleleh dan menumpas seluruh

3. Menggunakan Krim Pembersih Karat

Anda juga dapat memanfaatkan krim pembersih karat untuk merontokkan karat-karat yang membandel. Krim dengan kemampuan efektif untuk menghilangkan karat ini biasanya dijual dengan cukup murah. Bahkan hanya dengan 10 ribu rupiah, Anda dapat memperolehnya untuk ukuran yang kecil.

Mencegah knalpot berkarat dengan cara ini dapat dilakukan dengan melepas bagian knalpot terlebih dahulu. Kemudian, bersihkan karat yang membandel pada knalpot dengan menggunakan amplas hingga bersih, Jika sudah bilas dengan air, lalu keringkan.

Krim pembersih karat ini dioleskan setelah knalpot benar-benar kering. Nah, setelah mengoleskan krim pembersih karat, jangan lupa untuk menyiramnya dengan menggunakan bensin. Setelah itu, pasang knalpot kembali.

Baca Juga : Lebih Mudah! Inilah 5 Cara Membuat Knalpot Racing Tidak Berisik

4. Menggunakan Pasta Gigi

Jangan salah jika pasta gigi di rumah juga dapat Anda manfaatkan untuk merontokkan karat-karat yang membandel. Namun, pasta gigi sebagai krim pembersih karat hanya bisa digunakan pada jenis knalpot yang terbuat dari bahan stainless steel. Cara penggunaannya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi tersebut pada area yang berkarat.

5. Memanfaatkan Soda Kue

Buat Anda yang memiliki persediaan soda kue di rumah, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan karat pada knalpot. Caranya cukup mudah. Campurkan soda kue tersebut dengan perasan air jeruk.

Kemudian, oleskan hasil campuran soda kue dan air perasan jeruk pada bagian knalpot yang berkarat. Tunggu hingga karat memudar. Jika sudah, Anda dapat membilasnya dengan menggunakan lap bersih.

6. Menggunakan Cairan Pembersih Keramik

Tak hanya pasta gigi dan pasta soda kue saja, beberapa benda-benda rumah tangga lain juga dapat digunakan untuk mengusir karat yang membandel. Sebagai contoh yaitu cairan pembersih keramik. Cara memutihkan leher knalpot dengan cara ini juga tidaklah sulit.

Mula-mula, oleskan area knalpot yang berkarat dengan menggunakan cairan pembersih keramik. Kemudian, bersihkan dengan menggunakan lap bersih. Namun, pastikan tidak ada cairan yang mengenai blok mesin. Sebab, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang fatal.

Knalpot sebagai salah satu bagian motor ini memang rawan terhadap korosi. Untuk itu, Anda harus merawatnya dengan baik. Untuk menghilangkan karat-karat tersebut, Anda dapat menggunakan cara menghilangkan karat pada knalpot seperti yang sudah dibahas di atas.

Ruangan komen telah ditutup.