Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil Tanpa Harus Ke Salon

Baret biasa terjadi pada body mobil dengan berbagai alasan. Bisa karena kecelakaan ataupun karena wiper yang difungsikan secara terus menerus sehingga kaca mobil ikut tergores.

Kaca mobil juga termasuk bagian vital karena menunjang visibilitas saat berkendara. Ada beberapa cara menghilangkan baret mobil tanpa harus Anda bawa ke salon seperti dibawah ini !

Gunakan Kompon

Bila kaca mobil Anda mengalami baret ringan tak perlu hingga datang ke salon mobil. Anda bisa membersihkannya dengan memakai kompon. Alat ini tersedia di bengkel maupun toko perlengkapan mobil. Cara penggunaanya mudah yakni dengan poles kaca mobil menggunakan kompon.

Lanjutkan dengan mengelapnya secara perlahan menggunakan kain dengan permukaan yang halus. Bahan dasar kompon mengandung minyak sehingga membuat kaca akan buram bila terkena air hujan. Walaupun begitu dalam beberapa hari kaca akan kembali jernih dan bersih dengan sendirinya.

Manfaatkan Pasta Gigi

Salah satu cara menghilangkan baret pada kaca mobil secara murah dan mudah ialah memanfaatkan pasta gigi. Sebelum mengaplikasikannya bersihkan debu yang menempel pada kaca mobil. Basahi lap serat mikro dengan air hangat kemudian tuangkan sedikit pasta gigi.

Pastikan pasta gigi yang Anda gunakan merupakan pasta gigi non gel. Setelah itu usap ke bagian kaca yang baret dengan cara melingkar selama 30 detik.

Lalu bersihkan dengan kain lap baru yang sudah dibasahi air keran kemudian diperas sebelumnya. Langkah ini akan membuat permukaan kaca mobil Anda semakin mengkilap.

Cairan Amonia

Cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil bisa memakai cairan amonia. Anda bisa memakai 15 ml air dengan setengah liter air. Aduk hingga benar-benar tercampur rata. Teruskan dengan mencelupkan kain katun kedalam cairan tersebut.

Gosokan ke bagian baret dengan lembut dan perlahan. Pastikan cairan amonia tersebut tidak mengenai bagian body mobil lainnya. Hal ini dikarenakan cairan amonia tergolong senyawa kimia yang cukup keras.

Cerium Oxide

Cerium Oxide adalah bubuk yang berfungsi membuat kaca mobil semakin mengkilap. Bahan ini juga mampu difungsikan untuk menghilangkan goresan pada kaca. Harganya juga relatif murah berkisar Rp30.000-Rp50.000. Saat memakai bubuk ini pastikan kaca mobil dalam keadaan basah.

Hal ini akan memperkecil timbulnya gesekan yang berdampak resiko bertambahnya baret. Campurkan Cerium Oxide dengan air hingga teksturnya pas tidak terlalu encer maupun terlalu kental. Gunakan kain halus untuk mengaplikasikan cairan pembersih kaca ini.

Pastikan cairan terserap dengan baik dengan cara sedikit menekannya. Hindari cairan mengenai pinggiran kaca. Untuk melindungi bagian pinggir kaca gunakan koran dan selotip untuk menutupinya.

Amplas ke seluruh permukaan kaca yang terkena goresan.  Setelah selesai bersihkan dan tunggu hingga kering untuk melihat hasilnya.

Pakai Soda Kue

Anda juga bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencampurkan soda kue dengan air dengan perbandingan yang sama. Setelah itu bersihkan dulu kaca mobil dari debu dan kotoran yang menempel.

Ambil campuran air dan soda kue dengan lap lalu usap ke bagian baret. Usap dengan gerakan melingkar selama 30 detik. Setelah itu bilas kaca dengan lap yang telah dikasih air hangat. Usap bagian baret dengan lap ini hingga benar-benar bersih.

Baca juga: Tips Merawat Kaca Mobil Biar Kinclong

Cara menghilangkan baret kaca mobil diatas mudah dilakukan. Bahan-bahannya bisa Anda temukan di sekitar rumah. Lebih hemat karena tak perlu sampai membawanya ke salon mobil.

Ruangan komen telah ditutup.