Cara Mengatasi Rem Tangan yang Macet

rem

BintangOtomotif.com – Saat ini berkendara merupakan aktifitas sehari – hari yang dilakukan oleh setiap orang. Dengan semakin banyaknya pengendara semakin bertambah juga kemungkinan terjadinya kecelakaan dijalanan. Salah satu hambatan yang sering terjadi perjalanan karena kerusakan komponen pada kendaraan yang terkadang tidak bisa dihindari namun harus dihadapi. Jadi jika kalian ingin berkendara berarti juga harus siap menerima segala resiko yang akan terjadi. jika bicara mengenai hambatan saat berkendara mungkin kalian para pengendara baik motor atau mobil pernah mengalami rem tangan yang tiba – tiba macet tidak berfungsi. jika kalian menghadapi hal tersebut jangan panik, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya.

Rem tangan merupakan komponen yang sangat penting pada setiap mobil, setiap rem tangan memiliki tombol pembebas yang biasanya berada pada ujung tuas, fungsi tombol tersebut adalah untuk melepaskan rem tangan. Caranya kita hanya perlu menekan tombol terlebih dahulu kemudian menurunkan tuas rem tangannya. Sedangkan mekanisme tuas rem tanga ke kanvas rem belakang menggunakan kabel yang terhubung dengan rem rem belakang kanan dan kiri. Jadi saat rem tangan ditarik maka kanvas rem belakang kiri dan kanan akan menahan roda belakang melalui kanvas rem yang menahan tromol rem. Komponen ini memiliki fungsi untuk menahan laju mobil saat mmobil diparkit. ketika mobil berhenti di tanjakan rem tangan ini sangat membantu agar mobil tidak mundur selain itu rem inii juga bisa berfungsi untuk menahan rem utama jika terjadi blong. Jadi cukup terbayang apa yang harus dilakukan jika rem utama tidak berfungsi.

Baca Juga Berita Otmotif Terbaru Lainnya :

Astraworld menulis tentang salah satu masalah yang biasa terjadi dari tuas rem tangan yang macet adalah karena tuas rem tangan tidak dapat dikembalikan setelah ditarik. Hal itu semua disebabkan karena proses penarikan tuas rem tangan terlalu kuat sehingga melebihi batas gerigi mekanisme yang ada pada bagian dalam tuas rem tangan. Untuk mengembalikan rem tangan yang macet anda bisa melakukan perbaikan sendiri namun juga memerlukan tenaga yang ekstra. Sangat terbayangkan jika saja pengemudinya adalah seorang wanita pastinya akan panik. Sebenarnya tidak perlu panik karena cara mengembalikannya cukup muda hanya tinggal menekan tombol sambil mengankat tuas rem dengan kuat. Kemudia cepat turunkan tuas pedal remnya. Jika cara tersebut tidak berhasil maka perlu dilakukan pembongkaran pada mekanisme bagian dalam rem tangan untuk mengembalikannya pada posisi semula. Semua itu bisa dicegah jika para pemilik mobil sering melakukan perawatan dengan rutin.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.