Cara Memperbaiki Lampu Sein Sepeda Motor Mati

Dikarnakan keterbatasan akan ilmu yang kita miliki, terkadang  masih sering menanyakan mengenai matinya lampu sein yang mati pada sepeda motor. Untuk semua jenis kendaraan baik itu beroda dua atau empat peran lampu sain sangat vital. Oleh sebab itu kita harus merawatnya secara rutin.

Fungsi dari lampu sain tersebut akan sangat berperan ketika berkendara ditengah-tengah arus yang padat di jalanan. Akan tetapi sejatinya kegunaan lampu sain tidak semerta-merta hanya digunakan ketika tercebak arus yang padat akan tetapi setiap ketika ingin belok kanan atau ingin belok kiri maka harus menghidupkan lampu sain, guna memberikan informasi bahwa anda akan berbelok agar menghindari kecelakaan.

Dengan banyaknya kesadaran yang timbul dari diri pengendara itu artinya sudah berperan dalam meminimalisir terjadinya kecelakaan. Komponen seperti flasher, bohlam lampu, kabel penghantar arus listrik dan saklar ikut andil dalam berfungsi atau tidaknya lampu sein. Jika terjadi kerusakan dari salah satu komponen tersebut maka kemungkinan besar lampu sain tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Flasher adalah salah satu komponen penting yang selalu ada pada kendaraan karna fungsinya untuk menyalakan lampu sain ketika ingin membelokan ke kanan atau kekiri, atau juga lampu hazrad supaya lampu sein berkedip otomatis.

Lalu bagaimana cara membenarkan ketika lampu sain tidak berfungsi pada sepeda motor? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk untuk menyelesaikan masalah lampu sain yang mati.

Berikut cara mudah untuk memperbaiki lampu sein motor yang mati:

  1. Lepas batok lampu terlebih dahulu.
  2. Kemudian lepas bagian flasher di terminal atau cop kabel, kemudian periksa dengan teliti sapa tau hanya bagian socket yang longgar, mala anda harus melepaskannya kemudian pasang kembali lagi seperti semula.
  3. Jika tidak ada kerusakan pada bagian flasher maka periksa rangkaian kabel lampu sein yang kanan dan yang kiri. Untuk mengecek jika ada kabel yang terputus.
  4. Jika ada kabel yang putus maka sambungkan cop kabel tersebut dengan kabel pada bagian jumper ke socket tanpa sambungan ke flasher.
  5. Cek terlebih dahulu dengan cara menghidupkan lampu sein baik itu yang kanan atau yang kiri.
  6. Jika hidup akan tetapi lampu sain tidak berkedip kemungkinan flashernya yang rusak.
  7. Akan tetapi jika lampu sein mati maka kerusakan tidak hanya terjadi pada bagian flasher saja. Melainkan juga pada rangkaian kabel penghubung yang mesti harus di cek dan diperbaiki. Jangan melewatkan untuk memeriksa saklarnya, masihkah berfungsi secara normal atau tidak.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.