Cara Memperbaiki Lampu Sein Motor Yang Tidak Berkedip

Terlihat sepele, akan tetapi keberadaannya sangat penting dalam keselamatan berkendara. Dialah lampu sein. Saat akan membelok ke kiri atau ke kanan, lampu sein inilah yang akan memberitahukan ke pengendara lainnya mau kemana kita belok, sehingga ia bisa berhati-hati. Juga jangan sampai salah, mau belok ke kiri malah menghidupkan sein kanan. Atau sebaliknya, mau belok ke kanan malah menghidupkan lampu sein kiri. Akan sangat fatal akibatnya bagi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Seharusnya, lampu sein itu berkedip. Akan tetapi, ada kalanya karena suatu hal, lampu sein motor kita tidak berkedip. Jika sampai terjadi seperti ini, maka pasti ada yang tidak beres di sistem perlistrikan kendaraan kita. Perlu segera diperbaiki.

Bagaimana cara memperbaiki lampu sein motor yang tidak berkedip? Berikut ini caranya:

Langkah pertama adalah dengan memeriksa flasher lampu sein. Pasalnya, flasher inilah yang menyebabkan lampu sein motor kita menjadi berkedip. Jika kondisi flasher masih normal, tentu lampu sein akan berkedip. Sebaliknya, jika flasher rusak, maka lampu sein pun tidak akan berkedip.

Periksa juga dudukan flasher dan cop kabel. Bisa jadi, lampu sein tidak menyala disebebkan karena dudukannya yang lepas atau kendor atau bahkan lepas. Pastikan lampu sein berada kokoh pada dudukannya.

Selain itu, tentunya periksa juga kondisi bohlam lampu sein. Jangan-jangan sudah putus. Jika putus, segera ganti dengan yang baru. Selanjutnya hubungkan cop kabel dengan kawat atau kabel di jumper.

Sekarang, coba hidupkan lampu sein, apakah sudah berkedip atau belum. Jika lampu sein menyala tetapi tidak berkedip, berarti permasalahan ada di flasher. Flasher perlu diganti yang baru. Tetapi, jika lampu sein sama sekali mati atau tidak mau hidup, coba periksa lagi bohlam lampu sein, kabel penghubung, saklar dan juga kunci kontak. Bisa jadi komponen-komponen tadi mengalami kerusakan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.