Tips Praktis Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Anda

Indikator bensin sangat penting, sebab dari bagian ini bisa diketahui isi tangki bensin yang tersedia. Anda pun harus merawatnya dengan baik. Namun, jika terpaksa alat ini tidak berfungsi, jangan khawatir. Ada tips praktis cara memperbaiki indikator bensin motor Anda.

Langkah Pemeriksaan

Untuk memperbaiki indikator bensin pada motor, Anda harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum dilakukan perbaikan. Berikut beberapa bagian yang perlu diperiksa untuk perbaikan selanjutnya.

1. Kondisi Aki

Aki adalah sumber energi utama agar indikator bensin pada motor menyala. Sudah bisa dipastikan, tidak mungkin indikator bensin bisa bergerak jika aki rusak atau soak. Untuk mengetahui kondisi aki, Anda bisa melakukannya dengan membunyikan klakson atau menekan tombol starter.

2. Pelampung

Jika kondisi aki pada motor Anda masih layak pakai, langkah kedua adalah dengan mengecek bagian pelampung bensinnya. Untuk memeriksa kondisi pelampung, Anda harus membuka jok. Selanjutnya, buka piranti besi di dekat tutup bensin dengan obeng.

3. Jaringan Listrik

Bagian lain yang perlu Anda periksa sebelum memperbaiki indikator bensin motor adalah kabel jaringan listrik. Cek jalur kabel listrik yang menggerakkan jarum indikator bensin.

Misalnya, cek dari aki ke sekring menuju kunci kontak, lalu speedometer, hingga ke bagian pelampung. Untuk mengetahui kondisi jaringan kabel listrik, Anda bisa memeriksanya dengan menggunakan alat pengukur arus.

4. Bagian PCB

Bagian PCB juga perlu Anda periksa. Untuk memeriksa PCB, Anda harus membuka sensor bensin yang ada pada tangki. Periksa dan pastikan bagian PCB dalam kondisi bersih atau tidak berkarat.

Karat pada bagian PCB bisa menyebabkan indikator bensin tidak bisa berfungsi maksimal. Untuk menghindari karat, sebaiknya Anda menggunakan bensin murni yang tidak bercampur timbal. Atau, jaga tangki motor Anda jangan sampai kemasukan air.

5. Apung-Apung Pengambang

Sering disebut apung-apung pengambang, yang selalu mengambang dan posisinya berada di atas bensin. Bagian ini memberikan sinyal ke indikator bensin. Anda harus memastikan apakah perangkat ini masih mengambang atau tidak. Periksa juga indikator bensin di speedometer. Caranya, sambungkan sensor bensin ke kabel menuju indikator.

6. Speedometer

Speedometer juga menjadi bagian yang perlu Anda periksa sebelum perbaikan pada indikator bensin dilakukan. Bisa dipastikan ada kerusakan pada speedometer jika semua bagian di atas dalam kondisi normal, namun jarum indikator bensin tidak normal.

Speedometer termasuk sparepart motor yang cukup sulit untuk diperbaiki. Sehingga, jika terjadi kerusakan, disarankan agar Anda mengganti dengan yang baru. Namun, jika kerusakan ringan seperti kabel putus, Anda bisa memperbaiki sendiri.

Baca Juga : 4 Cara agar Tarikan Motor Enteng dan Responsif

Langkah Perbaikan

Jika bagian indikator bensin motor Anda tidak berfungsi dengan baik berarti ada masalah pada pelampungnya. Berikut cara praktis memperbaiki indikator bensin motor.

  • Anda harus terlebih dahulu membuka pelampung indikator bensin.
  • Jika pelampung sudah terbuka, Anda harus melepaskan sepi yang berfungsi menahan kawat pelampung.
  • Selanjutnya, lepas kawat pelampung tersebut.
  • Pada bagian ini terdapat lidah kabel tembaga yang posisinya tersambung menuju batang pelampung.
  • Karena sudah lama digunakan, lidah kabel biasanya akan mengalami aus. Inilah yang mengakibatkan lidah kabel tidak menempel sehingga menyebabkan indikator bensin bermasalah.
  • Untuk mengatasi kondisi lidah kabel yang aus, Anda harus membengkokkan kembali lidah kabel sehingga bisa menempel. Untuk menempelkan lidah kabel, ada tenol solderan yang bisa dimanfaatkan.
  • Langkah selanjutnya adalah pelampung dan soketnya dipasang kembali.
  • Untuk mengetes keberhasilannya, Anda perlu menggerakkan ke atas dan ke bawah. Jika usaha Anda memperbaiki pelampung bensin berhasil maka indikator bensin akan bergerak.
  • Langkah terakhir cara memperbaiki bagian indikator bensin adalah pasang kembali pelampung indikator bensin.

Ternyata tidak terlalu sulit jika sudah mengetahui cara memperbaiki indikator bensin dengan benar. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah diatas. Dijamin indikator bensin motor Anda akan kembali normal.

Ruangan komen telah ditutup.