Cara Memperbaiki Aki Kering Kendaraan Rusak Tanpa ke Bengkel

Cara memperbaiki aki kering kendaraan paling mudah tentu dengan membiarkan montir di bengkel mengurusnya. Namun, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk hal tersebut jika tahu rahasianya. Ya, aki kendaraan yang soak atau ngedrop masih dapat diperbaiki sendiri dengan beberapa cara.

Aki kering juga dikenal dengan nama MF (Maintenance Free), yang sayangnya ternyata masih bisa rusak. Walaupun, rasio kerusakannya itu memang tidak sering dan lebih awet digunakan pada kendaraan. Alasan lainnya adalah dari segi kepraktisan dan stabilitasnya mengaliri listrik untuk kendaraan.

Cara Memperbaiki Aki Kering Kendaraan Sendiri

Aki kering, meski maintenance free, juga bisa rusak dan butuh perawatan rutin. Apabila tidak pernah dicek sama sekali, aki bisa tiba-tiba bermasalah di tengah jalan dan menyebabkan kendaraan mogok. Jadi, bagaimana cara memperbaiki aki kering yang rusak atau soak?

Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai perbaikan, Anda akan butuh beberapa peralatan untuk membongkarnya dari kendaraan. Maka, pertama-tama siapkan dulu beberapa alat di bawah ini:

  • obeng (plus dan minus) atau kunci pas 6mm-4mm,
  • air aki dan corong,
  • avo meter,
  • selotip ukuran besar,
  • gergaji besi.

Langkah Mudah Memperbaiki Aki Kering

Setelah semua peralatan siap, jangan lupa gunakan sarung tangan sebagai pelindung. Kemudian ikuti langkah-langkah cara memperbaiki aki kering yang ngedrop berikut ini:

  1. Angkat aki dari tempatnya di kendaraan, lalu bersihkan terlebih dahulu dengan lap kering.
  2. Lalu buka penutupnya dengan hati-hati menggunakan gergaji besi atau alat alternatif lain yang Anda punya. Bagian yang perlu digergaji terdapat di sebelah atas yang bertuliskan peringatan “Do Not Open”.
  3. Setelah tutupnya berhasil dibuka, maka di dalamnya akan terlihat enam buah lubang. Isikan semua lubang tersebut dengan air zuur alias air aki yang telah Anda beli. Gunakan corong supaya airnya tidak tumpah ke lantai atau mengenai kaki.  Air aki ini sifatnya cukup keras sehingga bisa menyebabkan kulit iritasi. Jika tidak sengaja mengenai kulit, maka segera basuh dengan air sabun.
  4. Pasang lagi penutup aki tadi, kali ini lekatkan menggunakan selotip agar tidak lepas.

Baca Juga : Cara Aman Agar Aki Mobil Tak Ngadat

Cara Alternatif Memperbaiki Aki Kering

Biasanya cara memperbaiki aki kering mobil di atas bisa menyelesaikan masalah, tetapi ada pula kemungkinan gagal. Maka Anda harus bongkar lagi akinya dan lihat ke bagian sel-sel aki yang kemungkinan mengalami kerusakan.

Langkah alternatifnya adalah dengan menggunakan Bodrex sebagai campuran air aki.

Memang terdengar agak aneh, tetapi orang Indonesia nyatanya cukup sering memperbaiki aki kering dengan Bodrex. Yang perlu Anda lakukan sama, yaitu membuka tutup akinya, lalu kosongkan air aki dari lubang-lubang di dalamnya. Tuangkan air panas supaya sel-sel baterai yang mati kembali aktif.

Hal ini perlu dilakukan beberapa kali sampai bagian dalam aki benar-benar bersih. Setelah dikeringkan selama seharian penuh atau minimal tiga jam, tuangkan kembali air aki. Tetapi kali ini letakkan terlebih dulu Bodrex yang sudah digerus ke dalam setiap lubang, baru kemudian tuangkan air aki.

Pasang dan Tes Aki pada Kendaraan

Barusan adalah tips memperbaiki aki kering kendaraan tanpa harus membawanya ke bengkel. Selanjutnya pasang lagi aki mobil Anda dengan peralatan yang dipersiapkan di awal tadi. Tetapi, pada pemasangan kali ini utamakan memasang kabel positif terlebih dahulu.

Setelah aki terpasang, kemudian mulai tes apakah sudah berfungsi atau belum dengan menyalakan mesin mobil. Untuk memastikan aki berfungsi, seharusnya klakson dan lampu mobil bisa menyala sebagaimana mestinya. Dengan demikian, artinya Anda sudah belajar bagaimana cara memperbaiki aki kering kendaraan.

Ruangan komen telah ditutup.