Cara Membersihkan Reflektor Lampu Mobil Sendiri dengan Benar

Banyak pemilik mobil yang masih belum tahu bagaimana cara membersihkan reflektor lampu mobil sendiri. Padahal, ini adalah salah satu komponen penting pada mobil terutama saat malam hari. Beberapa bulan sekali, reflektor lampu mobil perlu dicek secara berkala guna menjaga kinerjanya.

Reflektor sendiri adalah salah satu jenis lampu mobil seperti halnya proyektor. Perbedaannya adalah biasanya reflektor digunakan untuk lampu kabut, sedangkan proyektor tidak. Jadi apabila reflektor kotor, sebaran cahayanya tidak dapat maksimal sehingga membuat pengendara kesulitan membaca jalan.

Bagaimana Cara Membersihkan Lampu Mobil yang Benar?

Kemungkinan penyebab reflektor tidak berfungsi maksimal adalah karena kerusakan atau mika yang kotor. Masalah semacam ini biasanya sering dialami oleh para pemilik kendaraan dengan velg lebar atau bodi yang ceper.

Namun kalau sudah terlanjur, coba lakukan cara membersihkan reflektor lampu mobil berikut ini.

1. Membersihkan dengan Pasta Gigi

Jika Anda tidak sempat menggunakan jasa membersihkan headlamp mobil, solusi sementaranya adalah dengan pasta gigi. Gunakan merek apapun asal di dalamnya mengandung zat abrasif untuk memutihkan.

Sebelum melakukan langkah-langkahnya, sangat disarankan menggunakan pelindung tangan terlebih dahulu.
Pertama-tama, bersihkan lampu sampai tidak ada lagi kotoran dan debu. Tutup komponen penting menggunakan selotip kertas agar tidak terkena pasta gigi. Lalu gunakan kain lembut yang sudah dibasahi untuk mengoleskan pasta gigi ke permukaan lampunya.

Oleskan perlahan pada seluruh permukaan dan berikan sedikit tekanan pada goresan-goresan pada kaca mobil. Kemudian basuh dengan air ketika kaca sudah mulai tampak lebih jernih lalu keringkan dengan lap kering.

Cara ini sangat singkat dan mudah karena hanya butuh waktu 3-5 menit untuk membersihkan setiap lampu.

Baca Juga : Agar Mobil Awet Muda dan Kinclong Coba Cara Ini

2. Menggunakan Cairan Pembersih/Sabun

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang menguning dengan pasta gigi adalah langkah paling singkat. Tetapi jika Anda punya cukup banyak waktu, sebaiknya gunakan cairan pembersih atau sabun. Di sini Anda perlu membongkar lampu untuk mengelap komponennya satu persatu agar bersih maksimal.

Untuk melepas rumah lampu, gunakan hair dryer agar lemnya melunak dan mudah dicungkil. Hati-hati saat melakukannya, dan jika sudah berhasil lepas bersihkan reflektor lampu agar tidak ada debu atau jamur. Penggunaan cairan wax cukup dianjurkan untuk membuat lapisan krom tetap berkilau.

Bersihkan juga mika lampu dengan air sabun agar kotoran-kotorannya rontok. Boleh menggunakan sikat, tetapi berhati-hatilah agar tidak menimbulkan baret pada mika.

Setelah semua selesai, pasangkan letakkan reflektor pada rumah lampunya lagi dengan lem dan pasang mikanya.

Setelah semua bersih, biasanya Anda perlu pergi ke bengkel untuk mengatur ulang fokus dan arah sinar lampunya saja.

3. Menempelkan Aluminium Foil

Cara membersihkan kaca lampu mobil bagian dalam yang buram berikutnya adalah dengan menempelkan aluminium foil. Biasanya di bengkel cara ini menghabiskan biaya Rp100 ribu sampai Rp200 ribu berikut pemasangannya. Tetapi jika Anda berani membongkar lampunya sendiri, itu akan lebih hemat.

Bahan aluminium foil bisa didapatkan dengan mudah di pasaran, pilih yang permukaannya mirip dengan krom. Pertama-tama, bongkar dulu kaca mika dan lampunya yang kotor atau banyak goresan. Kemudian potong aluminium foil sesuai bagian yang rusak tersebut dan tempelkan dengan rapi.

Jangan lupa bersihkan semua bagian kotor, berdebu dan tergores supaya sebaran sinar lebih baik. Hasilnya memang tidak sempurna 100 persen, tetapi setidaknya sinarnya lebih optimal daripada sebelumnya. Akan tetapi, ini hanya penanganan sementara saja karena Anda tetap harus membawanya ke bengkel.

Itu tadi tiga cara membersihkan reflektor lampu mobil yang bisa Anda ikuti sendiri di rumah. Ikuti semua langkahnya dengan sangat hati-hati dan perlahan, ya.

Ruangan komen telah ditutup.