Begini Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Benar

Dashboard merupakan bagian yang penting dalam interior mobil. Bila dashboard kotor tentu kurang sedap dipAndang apalagi dekat dengan kemudi. Apalagi bagian mobil ini merupakan tempat untuk menyimpan berbagai kebutuhan seperti minuman serta radio dan kontrol AC.

Merawat dashboard mobil juga akan mempengaruhi usia pakainya. Tak perlu khawatir karena kini ada cara membersihkan dashboard mobil yang mudah dan bisa Anda kerjakan di rumah. Biaya perawatan mobil lebih murah karena tak perlu ke salon mobil.

Cara Mudah Membersihkan Dashboard Mobil

Bagaimana cara mudah membersihkan dashboard mobil? Langsung saja ikuti cara di bawah ini.

1. Pakai Kemoceng Atau Kanebo

Untuk membersihkan bagian ini tak perlu memanggil jasa membersihkan interior mobil. Cukup Anda siapkan kemoceng atau kanebo basah saja. Kemoceng hAndal dalam mengangkat debu yang menempel pada dashboard. Alat ini juga tidak menimbulkan goresan karena bulu halusnya.

Buka pintu mobil saat membersihkan dashboard dengan alat ini. Dengan begitu debu tak akan kembali masuk ketika dibersihkan. Selain kemoceng Anda juga bisa menggunakan kanebo basah.

Alat pembersih mobil ini mudah ditemukan dimana saja. Untuk membersihkan kotoran dengan kanebo basah perlu cuci bilas setiap pemakaiannya agar debu benar-benar terangkat optimal.

2. Sikat Berbulu Halus

Untuk membersihkan dashboard mobil yang tidak mudah dijangkau dengan tangan Anda bisa dilanjutkan dengan memakai sikat berbulu halus. Anda bisa menambahkan pasta gigi untuk menghilangkan noda membandel. Tidak dianjurkan menggunakan pasta gigi berbahan pemutih. Bahan ini berbahaya bagi dashboard karena mampu merusak bahannya.

3. Vacuum Cleaner

Alat pembersih dashboard mobil lainnya ialah vacuum cleaner. Alat ini dapat menyedot debu hingga menjangkau sudut sempit. Dipasaran juga tersedia vacuum cleaner khusus untuk dashboard mobil. Bentuknya lebih kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

4. Lotion

Untuk mengembalikan warna dashboard yang kusam kembali cerah bisa memakai lotion. Untuk pengaplikasiannya mudah yakni mengoleskan lotion pada lap kain setelah itu gosok ke bagian dashboard. Setelah itu langsung lap dengan kain baru yang kering. Sifat lotion mampu melembabkan dan melindungi dashboard dari sinar matahari.

Baca Juga : Tetap Tenang, Begini Cara Mengatasi Kopling Mobil Los

5. Minuman Bersoda

Anda juga bisa membersihkan dashboard memakai minuman bersoda. Caranya siapkan lap yang mampu menyerap air. Isi botol penyemprot dengan minuman bersoda. Semprot bagian dashboard dengan cairan ini secara merata kemudian lap hingga benar-benar kering.

Selain minuman bersoda Anda juga bisa memakai baking soda yang ditambahkan dengan air. Pengaplikasiannya tak beda jauh dengan minuman bersoda.

6. Tisu Bayi

Anda bisa menggunakan tisu bayi untuk membersihkan dashboard mobil. Tisu bayi memiliki antiseptik sehingga mampu membersihkan kuman dan bakteri yang menempel. Kelembaban tisu basah juga lebih baik ketimbang memakai lap kering. Tisu basah cukup diusapkan ke bagian permukaan dashboard hingga kotoran benar-benar terangkat.

7. Sampo Bayi

Bagi dashboard mobil tua umumnya bisa menggunakan cairan pembersih dashboard khusus atau sampo bayi. Campurkan sampo bayi dengan air lalu gunakan lap microfiber. Lap ini memiliki permukaan halus sehingga tidak menimbulkan goresan pada permukaan dashboard.

Lanjutkan dengan menyemprot bagian dashboard dengan sampo bayi yang telah dicampurkan air. Usap dengan lap microfiber hingga permukaan kering. Lakukan hal ini ke seluruh permukaan dashboard mobil tua Anda. Anda bisa membersihkan dashboard mobil seminggu sekali agar penampilannya selalu terjaga dan menarik.

Anda juga bisa melakukan pengecatan ulang bila terdapat baret pada dashboard yang sulit untuk dihilangkan. Cara membersihkan dashboard mobil diatas menggunakan peralatan yang ada di sekitar Anda. Pengaplikasiannya mudah serta bisa digunakan untuk segala jenis mobil. Bagaimana tertarik untuk mencobanya mulai dari sekarang?

Ruangan komen telah ditutup.